Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sri Mulyani Siapkan Insentif buat Mobil Listrik

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Keuangan mengakui bahwa permintaan kendaraan bermotor berbasis listrik di dalam negeri saat ini masih rendah seiring harga jual yang sangat tinggi.

Di samping itu, Indonesia masih dalam tahap awal dalam era elektrifikasi kendaraan sehingga banyak faktor pendukung yang belum sempurna, seperti ketersediaan SPKLU dan skema perpajakannya.

"Penjualan dari electric vehicle di sini masih sangat rendah. Tentu ini karena memang masih tahap early dan kita lihat faktor perpajakan nanti, serta infrastruktur pendukungnya," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam rapat kerja bersama Komisi XI DPR, Senin (15/3/2021).

Oleh karenanya, pemerintah tengah mengkaji beragam insentif untuk industri terkait seperti menggeratiskan pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) bagi mobil listrik murni alias Battery Electric Vehicle (BEV).

Lebih jauh, Kepala BKF Febrio Kacaribu mengatakan, kebijakan serupa dilakukan oleh pemerintah China sehingga harga mobil listrik yang sebelumnya mencapai 3,4 kali dari harga mobil konvensional bisa turun jadi 1,9 kali-nya.

"Jadi memang kebijakan ini mendorong masyarakat untuk mulai melihat kemampuannya untuk membeli mobil listrik dengan emisi yang lebih baik," jelas Febrio

Selain China, Jepang juga memberlakukan insentif untuk meningkatkan minat pasar terhadap pembelian mobil listrik. Di sana, harga mobil listrik turun dari 2 kali menjadi 1,7 kali dari harga konvensional.

Thailand, sebagai pesaing industri otomotif terkuat di Asia Tenggara pun melakukan hal sama. Bahkan, insentif yang diberikan cukup agresif yakni mengurangi pajak kendaraan sekaligus cukai dari 25 persen jadi 2 persen.

Namun demikian, Febrio mengatakan, agar efektif, pemberian insentif pajak ini juga harus dibarengi dengan kemampuan atau daya beli masyarakat.

"Di Inggris dan Jerman juga, ini untuk meningkatkan market share mobil listrik, walau masyarakat juga harus merespon dengan daya beli yang akan berpengaruh terhadap peningkatan (market share) ini akan tajam atau tidak," ujar Febrio.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/16/144100215/sri-mulyani-siapkan-insentif-buat-mobil-listrik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke