Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apakah Pakai Helm Tua untuk Harian Aman?

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengendarai bebek tua seperti Honda Astrea memang sedang menjadi tren belum lama ini. Motor bebek jadul ini juga direstorasi agar terlihat seperti baru keluar dari pabriknya.

Selain motornya yang tua, tidak lengkap rasanya jika pengendara tidak memakai riding gear yang vintage juga. Misalnya seperti helm-helm lama bawaan dari diler ketika membeli motor pada zaman dahulu, seperti model TRX milik Honda.

Helm lama ini memang pas jika dipadukan dengan motor tua. Namun jika ingin dipakai harian, apakah aman menggunakan helm model lama ini?

Training Director Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, untuk model TRX, tentunya ketika Honda memberikannya kepada pembeli motor, tentunya sudah memenuhi aspek keselamatan, yakni sudah Standar Nasional Indonesia (SNI).

“Selama helm yang digunakan memiliki standar minimal SNI dan nyaman digunakan, memiliki tali pengikat yang baik, maka masih dalam kategori aman untuk digunakan,” ucap Agus kepada Kompas.com, Sabtu (13/3/2021).

Helm yang tidak disarankan adalah yang hanya mementingkan gaya saja tanpa keselamatan. Misalnya terlalu besar di kepala, tidak SNI, dan tidak memiliki tali pengikat, itu yang jangan digunakan.

“Helm yang tidak aman tadi akan berisiko jika terjadi benturan saat kecelakaan dan menggaggu kenyamanan kita dalam berkendara,” kata Agus.

Jadi selama helm lama tetapi busanya tidak longgar ketika helm digunakan, masih aman dipakai harian. Agus mengatakan, yang berbahaya itu bagian dalam yang longgar ketika digunakan walaupun tampilan luarnya bagus.

“Jangan juga memakai helm yang terlalu sempit, karena kepala akan menjadi cepat pusing. Pastika memakai helm yang pas dan nyaman,” ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/13/133427515/apakah-pakai-helm-tua-untuk-harian-aman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke