Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Yamaha Jupiter MX Mini Chopper, Tahan Dipakai Ugal-ugalan

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor custom dengan gaya chopper semakin merebak seiring berkembangnya tren di Indonesia. Termasuk motor yang satu ini pun dibuat dengan gaya chopper.

Namun, chopper yang satu ini sedikit berbeda. Khususnya dari segi dimensi, karena ukurannya yang bisa dikatakan mungil alias mini.

Wendy Purnama Putra, builder Wbike Kustom Garage, mengatakan, dirinya bergejolak ketika melihat motor-motor custom bergaya chopper menjamur di Indonesia, khususnya Yogyakarta.

"Hampir semua bengkel motor custom membangun chopper dari mesin cc kecil hingga cc besar," ujar Wendy, dalam keterangan resminya.

Wendy menambahkan, dari pengalamannya membuat mini bike atau taco bike dengan ban ATV, muncullah ide untuk membuat mini bike, tapi dengan gaya chopper.

"Berbekal mesin Yamaha Jupiter MX 2007, tertuangkanlah ide tersebut. Basic BMX freestyle dan trabas trail, saya membangun mini chopper juga dengan style ugal-ugalan," kata Wendy.

Wendy menggunakan ban untuk ATV dengan ukuran ring 6 inci. Sementara roda depan, disematkan ban sepeda listrik dengan ukuran ring 16 inci. Untuk suspensinya, Wendy mengambilnya dari motor trail Viar.

"Tidah hanya itu, test ride mini chopper ini pun juga dipakai jumping-jumping, seperti halnya BMX freestyle dan trabas," ujar Wendy, yang membangun motor ini selama 4,5 bulan.

Wendy mengungkapkan, dirinya memiliki prinsip untuk membuat motor custom sebisa mungkin yang tidak ada di bengkel lain alias memiliki karakter tersendiri.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/10/184100315/yamaha-jupiter-mx-mini-chopper-tahan-dipakai-ugal-ugalan

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.