Salin Artikel

Ini 3 Kebiasaan Buruk yang Sering Dilakukan Pengemudi Mobil

Pada akhirnya karena sudah terbiasa, kadang ada pengemudi tidak sadar kalau hal-hal yang biasa dilakukan ternyata bisa membahayakan.

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Centre (RDC), mengatakan, ada beberapa kebiasaan salah yang dilakukan pengemudi mobil.

Marcell mengatakan, kesalahan pertama ialah membiasakan kaki kiri menempel pada pedal kopling.

"Kebiasaan ini biasanya dilakukan oleh pengemudi yang takut mesinnya mati, padahal bisa membuat kampas kopling cepat aus dan kaki pengemudi cepat pegal," kata Marcell kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Kesalahan kedua, masih mengenai pedal kopling yaitu menginjak kopling saat berada di turunan.

“Menginjak pedal kopling ketika turunan tidak sesuai dengar standar yang aman. Hal tersebut bisa menyebabkan mobil turun dengan kecepatan yang tidak bisa dikontrol pengemudi,” katanya.

Kesalahan ketiga yaitu cara menggenggam setir. Marcell mengatakan, jangan biasakan memegang setir dengan satu tangan karena berbahaya.

“Kalau setir dibayangkan seperti jam, letakkan tangan kanan di jam tiga dan tangan kiri di jam sembilan dengan ibu jari tidak menggenggam setir," katanya.

"Mengapa, karena ketika airbag mengembang, tidak melukai jempol pengemudi,” ucap Marcell.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/10/081200415/ini-3-kebiasaan-buruk-yang-sering-dilakukan-pengemudi-mobil

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.