Salin Artikel

Daihatsu Rocky Versi Malaysia Meluncur, Wajah Lebih Kalem

JAKARTA, KOMPAS.com - Ramai diperbincangkan di Indonesia setelah masuk daftar mobil penerima diskon PPnBM, Daihatsu Rocky ternyata lebih dulu mengaspal di Malaysia.

Mobil bergenre compact sport utility vehicle (SUV) tersebut, datang menggunakan nama Perodua Ativa yang disajikan dalam tiga varian, yakni X, H, dan AV.

Ativa X menjadi varian terendah yang dipasarkan sebesar 61.500 Ringgit Malaysia, bila dicairkan sebesar Rp 216 juta (1RMY: Rp 3.510). Sementara varian H setara Rp 249,9 juta, dan AV mencapai Rp 253 juta.

Mengutip Paultan, Rabu (3/3/2021), ketiga harga Perodua Ativa atau Daihatsu Rocky tersebut, sudah termasuk dengan relaksasi pembebasan pajak penjualan di Malaysia.

Bila diperhatikan, tongkrongan Rocky dan Ativa memang ada perbedaan selain dari lambang yang digunakan. Visual depannya terlihat lebih kalem.

Hal tersebut diklaim CEO Perodua Datuk Zainal Abidin Ahmad, lebih untuk menyesuaikan pasar. Bahkan rombakan wajah tak lepas dari peran 50 teknisi Perodua yang bekerja di Daihatsu Jepang dengan mengisi posisi desain dan teknis.

Perbedaan antara Rocky dengan Ativa terlihat dari model bumper dan gril yang digunakan. Tidak seperti Rocky yang punya visual padat, kisi-kisi depan Ativa justru menggunakan gril yang lebih lebar.

Sementara model lampu utamanya tetap sama, begitu juga untuk lampu kabut dan desain pelek. Namun varian Ativa terbawah, menggunakan dimensi roda yang lebih kecil, yakni 16 inci.

Walau ada perbedaan dari tampilan, kabin, serta fitur, tapi keseluruhan desain dan garis besarnya masih sama. Mulai penggunaan platform Daihatsu New Global Architectur (DNGA) hingga mesin 1KR-VET 3 silinder berkubikasi 1.000 cc turbo.

Berdasarakan data, mesin tersebut mampu mengolah daya hingga 97 tk pada 6.000 rpm dan torsi 140 Nm di putaran 2.400 sampai 4.000 rpm. Tenaga tersebut ditransfer ke roda melalui sistem transmisi CVT.

Menariknya, Rocky versi Malaysia ini juga sudah diproduksi oleh Perodua dengan klaim kandungan lokal 95 persen. Termasuk untuk mesin dan transmisi CVT yang kabarnya nanti akan diekspor untuk Rocky di Indonesia.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/06/091100915/daihatsu-rocky-versi-malaysia-meluncur-wajah-lebih-kalem

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.