Salin Artikel

Desain Eclipse Cross dan Mazda CX-30, Pilih Maskulin atau Sporty?

JAKARTA, KOMPAS.com – Mitsubishi Eclipse Cross dan Mazda CX-30 jadi pilihan SUV menarik di rentang harga Rp 400 juta hingga Rp 500 juta. Kedua mobil masih terasa cukup segar pada 2021, dan tak kalah menarik dengan produk keluaran baru.

Namun bila membahas soal tampilan, ada perbedaan signifikan di antara keduanya. Eclipse Cross mengusung bahasa desain Dynamic Shield yang membuatnya terlihat gagah sekaligus modern.

Dari depan, mobil ini terasa sangat maskulin berkat garis-garis tegas seperti saudaranya Pajero Sport ataupun Xpander.

Jika kita melihat bagian belakang, aura modern makin terasa berkat atap yang lebih landai. Eclipse Cross seperti ingin menawarkan cita rasa ala SUV kupe yang cukup nyentrik, dengan kaca belakang terpisah.

Beberapa orang mungkin ada yang suka, tapi ada juga yang tidak dengan desain seperti ini. Kalau kita ingat Pajero Sport generasi kedua yang dulu meluncur pun desain belakangnya tak serta merta bisa diterima semua orang.

Walau demikian menurut perhatian kami, desain buritan Eclipse Cross memang cukup unik. Namun lama-kelamaan bisa diterima dan jadi daya tarik tersendiri.

Beranjak ke bagian interior, desain modern turut menghiasi bagian dasbor. Adanya dua buah sun roof ternyata berdampak pada ruang interior yang terasa lega dan nyaman buat seluruh penumpang.

Sementara Mazda, tampaknya ingin memberikan SUV dengan sentuhan berbeda pada CX-30. Menggunakan basis Mazda3, membuat mobil ini membawa cita rasa hatchback.

Hal ini bisa langsung terlihat pada lekukan garis-garis bodi yang secara keseluruhan punya kemiripan dengan saudaranya.

Misal dari gril depan yang desainnya mirip-mirip tapi memiliki ukuran yang berbeda. Sedangkan ornamen plastik hitam yang membuatnya terasa lebih tangguh khas crossover.

Ciri khas ini juga makin terlihat berkat overfender hitam di sekujur bodi, yang bisa menahan cipratan air atau kerikil agar tak mengenai cat.

Beberapa orang mungkin ada yang bosan dengan bahasa desain Kodo khas Mazda. Tapi desain ini memang membawa pengaruh sporty yang begitu kental.

Termasuk pada bagian interior yang didominasi warna gelap. Ukuran kaca yang sempit juga membuat pengendara seperti tenggelam di dalam mobil, selayaknya menyetir sebuah sedan.

Apalagi siluet dari samping juga memberikan kesan seperti mobil dengan performa tinggi. Terlebih pelek menggunakan ukuran 18 inci dengan ban berprofil 215/55 R18 yang memberi kesan tipis.

Kesimpulannya, CX-30 seperti SUV ciri khas hatchback yang sporty. Sedangkan Eclipse Cross jadi SUV yang punya tampang modern sekaligus unik.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/04/150100815/desain-eclipse-cross-dan-mazda-cx-30-pilih-maskulin-atau-sporty-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.