Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Toyota Yaris Dinobatkan Sebagai Mobil Terbaik 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Generasi Keempat Toyota Yaris berhasil menyabet predikat mobil terbaik di Eropa tahun ini, mengalahkan pesaing terkuatnya Fiat 500 dan Cupra Formentor.

Penobatan ini diberikan oleh organisasi Car of the Year yang terdiri dari berbagai jurnalis otomotif ternama di wilayah tersebut seperti Autocar, Auto Trends, sampai Autovise, seperti dikutip Carscoops.

Capaian tersebut diperoleh usai Yaris mendapatkan sebanyak 240 poin dan 9 suara terbaik hasil diskusi oleh 59 wartawan dari 22 negara di benua Eropa.

Sementara Fiat 500 dan Cupra Formentor yang populer di Eropa meraih nilai 240 poin serta 239 poin. Diikuti oleh Volkswagen ID.3 dengan nilai 224 poin serta Skoda Octavia 199 poin.

Dalam memilih mobil terbaik tahun ini, kriteria yang digunakan adalah desain, kenyamanan, keselamatan, ekonomis, handling, performa, harga, fungsionalitas, kepuasan mengemudi, dan

Adapun seleksi kendaraan yang masuk kategori sebagai mobil terbaik di Eropa harus model baru, tidak hanya facelift atau pemasangan mesin atau transmisi baru. Serta, wajib dijual setidaknya lima negara Eropa.

Tapi patut dicatat bahwa Yaris dimaksud berbeda dengan model yang dipasarkan di kawasan Asia, tak terkecuali Indonesia. Sebab, Toyota Motor Corp (TMC) memang membedakannya disesuaikan dengan pasar dan kondisi jalan.

Berdasarkan lembar spesifikasi, mobil yang dipasarkan di Eropa, Jepang, dan Australia ini menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) B, dengan pilihan mesin 1.000 cc, 1.500 cc, dan 1.500 cc hybrid.

Sementara Yaris untuk pasar Asia, seperti di Indonesia dan Thailand, menggunakan platform yang sama dengan Vios dengan mesin 1.500 cc dan 1.200 cc (Thailand). Model sudah dijual sejak Maret 2014.

Selain mobil di atas, ada tiga model lagi yang masuk jadi finalis yakni Citroen C4, Land Rover Defender, dan Skoda Octavia.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/04/124047215/toyota-yaris-dinobatkan-sebagai-mobil-terbaik-2021

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke