Salin Artikel

GP Rooms, Kamar Hotel Pebalap MotoGP di Sirkuit

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat Grand Prix digelar, pebalap MotoGP tentu bekerja keras untuk bisa memberikan performa terbaik. Pada tiap kesibukannya di sirkuit, pebalap juga butuh tempat untuk beristirahat.

Namun, untuk kembali ke hotel atau penginapan tidak efektif, karena akan memakan waktu. Maka itu, disediakanlah GP Rooms oleh Dorna Sports.

GP Rooms dapat digunakan oleh pebalap untuk beristirahat dengan layak dan tetap dapat menyimpan energi dan konsentrasi. Sebab, kamarnya tak jauh berbeda dengan kamar hotel.

GP Rooms sendiri sebenarnya adalah produk karoseri yang dimodifikasi sedemikian rupa menjadi kamar hotel. Kamar dari truk trailer ini tak jauh berbeda dengan kontainer yang bisa dilepas dari truk pengangkutnya.

Di tiap serinya, truk ini akan membawa GP Rooms dari satu sirkuit ke sirkuit lainnya. GP Rooms akan dilepas dari truk pengangkut setelah ditempatkan sesuai dengan yang sudah diatur.

Gelete Nieto, mantan pebalap yang juga anak dari pebalap legendaris Angel Nieto, ditunjuk menjadi orang yang bertanggung jawab untuk GP Rooms ini.

Gelete mengatakan, tiap pebalap MotoGP yang menggunakan GP Rooms ini mendapat kamar yang sama, mulai dari isi, desain, fitur, dan layanannya.

"Semua kamar standar memiliki desain yang sama. Mereka tidak berubah tergantung pebalap mana yang menempatinya. Mereka memiliki desain yang modern, termasuk kulkas, PlayStation, dan lainnya. Sama seperti hotel, kecuali makanan tidak disediakan. Tapi, pebalap diizinkan untuk membawa sendiri," ujar Gelete, dikutip dari Boxrepsol.com, Rabu (3/3/2021).

Gelete mengatakan, GP Rooms memang dibawa dari satu sirkuit ke sirkuit lainnya. Tapi, hanya untuk balapan yang digelar di Eropa saja.

"Mustahil untuk mengirimnya menggunakan kapal ke lokasi lain dan memastikannya datang tepat waktu. Pebalap akan memilih akomodasi lain," kata Gelete.

Pihak Dorna menyediakan empat kontainer dengan total 18 kamar. Satu kontainer yang terdiri dari enam kamar standar, dua kontainer dengan empat kamar suit, dan satu kontainer dengan dua kamar suit dan dua kamar standar.

Tiap pebalap dari Moto3, Moto2, dan MotoGP bisa menggunakan fasilitas GP Rooms. Tapi, untuk motorhome khusus hanya pebalap MotoGP saja yang diizinkan.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/04/102200315/gp-rooms-kamar-hotel-pebalap-motogp-di-sirkuit

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.