Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dapat Insentif PPnBM, Potongan Toyota Vios Bisa sampai Rp 60 Jutaan

JAKARTA, KOMPAS.com – Mulai 1 Maret 2021, aturan insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) 0 persen untuk pembelian mobil baru sudah berlaku.

Untuk jenis mobil yang menerima insentif ini syaratnya, kendaraan bermotor dengan isi silinder sampai 1.500cc termasuk sedan dan station wagon dengan jumlah pembelian lokal paling sedikit 70 persen.

Salah satu merek yang mobilnya menikmati insentif pajak ini yakni Toyota. Ada enam mobil Toyota yang menerima insentif yakni Yaris, Vios, Sienta, Avanza, Rush dan Raize.

Dari keenam model tersebut, Vios mendapatkan potongan paling besar, mulai dari Rp 59 jutaan sampai Rp 65 jutaan.

Sedangkan untuk mobil lainnya, potongan berkisar dari Rp 12 jutaan sampai 20 jutaan. Mengapa bisa ada selisih potongan yang begitu jauh?

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan, adanya perbedaan PPnBM antara mobil sedan dengan mobil lainnya yang membuat potongan Vios lebih tinggi.

“Yang paling besar adalah Toyota Vios, karena PPnBM untuk jenis sedan memang lebih besar yakni 30 persen, sedangkan yang lain hanya 10 persen,” ucap Anton kepada Kompas.com, Senin (1/3/2021).

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2013 Pasal 2 Ayat 4 Huruf (a) mengatakan:

Kelompok Barang Kena Pajak yang tergolong mewah berupa kendaraan bermotor sebagaimana dimaksud pada ayat (1) yang dikenai Pajak Penjualan atas Barang Mewah dengan tarif sebesar 30% (tiga puluh persen), adalah kendaraan bermotor untuk pengangkutan kurang dari 10 (sepuluh) orang termasuk pengemudi, berupa:

a. kendaraan bermotor sedan atau station wagon dengan motor bakar cetus api atau nyala kompresi (diesel atau semi diesel) dengan kapasitas isi silinder sampai dengan 1.500 cc.

Sedangkan untuk kendaraan lainnya yang menerima PPnBM 10 persen tertuang pada PP yang sama Pasal 2 ayat 2 huruf (b).

Berikut ini harga Toyota Vios yang mendapatkan insentif pajak mulai Maret 2021:

Vios E M/T Rp 252,4 juta
Vios E CVT Rp 265,4 juta
Vios G M/T Rp 268,9 juta
Vios G CVT Rp 281,6 juta

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/01/144858515/dapat-insentif-ppnbm-potongan-toyota-vios-bisa-sampai-rp-60-jutaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke