Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kebiasaan Pengemudi yang Bikin Transmisi Matik Macet atau Rusak

JAKARTA, KOMPAS.com – Pilihan mobil dengan transmisi otomatis di Indonesia semakin banyak. Bahkan untuk kelas Low Cost Green Car (LCGC) pilihan transmisi otomatis pun tersedia.

Mobil dengan transimisi otomatis ini memang relatif praktis, mengingat pengemudi tidak perlu mengganti gigi sendiri. Pengemudi tinggal memindahkan transmisi ke posisi “D” untuk maju dan “R” untuk mundur, serta tidak perlu pusing soal pedal kopling karena hanya ada pedal gas dan rem.

Mengutip dari buku “Teori dan Reparasi Sistem Pemindah Tenaga” karangan Wuyung Setyono dan Daryanto, ada tiga faktor yang menyebabkan kerusakan transmisi otomatis yakni lalai mengganti oli transmisi, kekeliruan dalam pengoperasian, dan usia penggunaannya.

Untuk kekeliruan dalam pengoperasian kendaraan dengan transmisi otomatis, ada beberapa kebiasaan yang ternyata bisa membuat sistem transmisi menjadi macet atau rusak.

Pertama, kebiasaan tidak memindahkan posisi tuas di “N” saat berhenti lama. Jika membiarkan tuas di “D”, sama saja dengan membiarkan kampas kopling terus bergesekan sehingga cepat aus yang nantinya membuat sistem transmisi tida bekerja optimal.

Kedua, kebiasaan tergesa-gesa dalam berkendara dan segera memindahkan tuas ke posisi “D” dan langsung tancap gas. Hal ini bisa menyebabkan katup solenoid rusak karena menerima tekanan yang besar sebelum oli mengisi konverter torsi.

Ketiga, sering melakukan engine brake yang berlebihan. Mengganti gigi di atas 3.000 rpm bisa menyebabkan hard friction yang efeknya yaitu berkurangnya usia pakai dari kopling gesek.

Keempat, perpindahan tuas dari posisi “D” ke “R” ketika melaju. Jika dilakukan secara kasar, maka transmisi otomatis menjadi rusak pada bagian internal maupun eksternal.

Terakhir, sering menahan transmisi pada gigi 1 dalam waktu yang lama. Hal ini menyebabkan kerja kopling menjadi cukup berat, sehingga bisa timbul permasalahan pada sistem transmisi.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/01/092200515/kebiasaan-pengemudi-yang-bikin-transmisi-matik-macet-atau-rusak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke