Salin Artikel

Bagnaia Ajari Luca Marini Cara Ngerem Ducati

JEREZ, KOMPAS.com - Francesco Bagnaia tak segan berbagi data dan ilmu dengan dua pebalap rookie asal Italia yang baru pindah ke Ducati, yaitu Luca Marini dan Enea Bastianini.

Bagnaia dan Marini memang sudah lama kenal. Keduanya merupakan anak didik Valentino Rossi di VR46. Sebelumnya Marini juga sempat bicara sering minta nasihat Bagnaia.

"Saya banyak berbicara dengan Marini," kata Bagnaia mengutip Motorsport-Total.com, Senin (22/2/2021).

"Saya coba menjelaskan padanya bagaimana ban bekerja dan bagaimana cara mengerem dengan Ducati, karena di situlah saya sering menang. Tapi itu juga sangat rumit," kata Bagnaia.

Bagnaia mengatakan, ban dan rem cukup krusial ketika membawa Ducati. Hal yang dia pelajari dengan telat karena tidak ada yang mengajarkan. Meski saat itu ada Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci yang sesama Italia.

Untuk diketahui musim 2021 Marini dan Bastianini akan memperkuat Esponsorama Racing. Keduanya akan mengendarai Desemosedici GP19 dan berbeda livery seperti tim LCR Honda. 

"Saya mencoba agar dia memahami hal-hal ini karena saya melewatkannya di awal. Ketika saya mulai, tidak ada yang bisa menjelaskan kepada saya bagaimana melakukannya dengan benar," katanya.

"Baik (Bastianini dan Marini) memiliki keuntungan bahwa gaya mengemudi mereka lebih cocok dengan Ducati dibandingkan saya," kata Bagnaia.

Bagnaia optimistis Marini bakal cepat menguasai Ducati. Sebab adik Rossi itu punya modal yang cukup bagus, yaitu terbiasa mengerem dengan kuat.

"Saat saya menjadi rekan setim Luca di Moto2, dia mengerem lebih keras dari saya. Dia sudah mengikuti arah ini dan saya harap dia bisa menyesuaikan diri dengan motor lebih mudah daripada saya," katanya.

"Dia orang yang sangat cerdas, jadi dia akan lebih baik. Bertekad menyesuaikan diri," kata Bagnaia.

Bastianini

Tak cuma dengan Marini yang sama-sama jebolan VR46, Bagnaia juga tidak segan bicara dengan Bastianini dan membantunya mengenai cara mengendarai Ducati.

“Saya melihat Enea kurang dari Luca, tapi saya juga akan berbicara dengannya. Saya tidak ada masalah untuk mengatakan pendapat saya tentang motor dan bagaimana cara mengemudikannya,” katanya.

"Anda juga dapat melihat data saya selama tes dan pada akhir pekan perlombaan. Itulah mengapa tidak masuk akal untuk merahasiakan sesuatu," kata Bagnaia.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/02/22/152100815/bagnaia-ajari-luca-marini-cara-ngerem-ducati

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.