Salin Artikel

Pemilik Mobil Maung Disarankan Servis di Bengkel Pindad

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pindad (Persero) sudah mulai menjual kendaraan taktis (rantis) Maung untuk masyarakat atau bukan militer, seperti yang dibeli oleh Bupati Jember terpilih Hendy Siswanto.

Kendaraan roda empat dengan mesin Toyota Hilux berkapasitas 2.400 cc bermesin diesel ini rencananya akan dipakai oleh Hendy sebagai kendaraan operasionalnya saat menjabat sebagai Bupati.

Meski mobil dengan tampilan sama seperti kendaraan militer itu menggunakan mesin Toyota tetapi untuk pelayanan servis rutin atau pun penggantian sparepart disarankan untuk tetap dilakukan di PT Pindad.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Manager Komunikasi Korporat PT Pindad Komarudin saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Komarudin menambahkan, bahwa pelayanan perawatan atau pun penggantian komponen akan lebih baik jika dilakukan di Pindad dan bukan di bengkel luar.

“Sebaiknya (servis) menghubungi Pindad saja, Maung kan produknya Pindad sehingga untuk servis dan purna jualnya tetap ke Pindad,” katanya.

Komarudin mengatakan, untuk mobil Maung yang dibeli oleh masyarakat sipil atau untuk pejabat memang mempunyai sejumlah perbedaan dengan yang digunakan untuk militer.

Seperti halnya Maung yang dibeli oleh Hendy Siswanto seharga Rp 600 juta berkelir hitam itu juga ada beberapa penyesuaian.

Penyesuaian ini dikatakan Komarudin mengikuti dengan kebutuhan Bupati Jember terpilih itu saat nantinya akan dipakai sebagai kendaraan operasional.

“Ada perbedaan, menyesuaikan dengan untuk kebutuhan operasional Bupati,” tuturnya.

Beberapa perbedaan yang cukup terlihat antara Maung versi militer dengan versi sipil adalah tidak adanya dudukan senjata.

Selain itu juga Maung yang versi sipil juga tidak disertakan alat komunikasi seperti halnya yang ada pada Maung versi militer.

“(versi sipil) dudukan senjata dan juga alat komunikasi tidak dipasang,” ucapnya.

Seperti diketahui, Bupati Jember terpilih Hendy Siswanto memilih membeli rantis Maung dan akan dipakai sebagai kendaraan operasional.

Alasannya, selain kendaraan tersebut adalah produk dalam negeri menurutnya Maung akan sangat cocok digunakan di wilayah Jember.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/02/18/104200515/pemilik-mobil-maung-disarankan-servis-di-bengkel-pindad

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.