Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Insentif buat Mobil Baru Bisa Tingkatkan Perekonomian

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Perekonomian menyetujui usulan Kementerian Perindustrian terkait relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) kendaraan bermotor secara bertahap pada 2021.

Dalam hal ini, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gakindo) dinilai berhasil memberikan masukan tepat untuk kemajuan sektor otomotif.

Ketua I Gaikindo Jongkie Sugiarto, mengatakan, selama ini asosiasi memang rutin memberikan masukan-masukan kepada pemerintah.

“Kami memberi masukan ini kan agar pemerintah juga mengambil satu keputusan yang tepat,” ucap Jongkie, dalam tayangan Business Talk di Kompas TV (16/2/2021).

“Jadi kami hanya memberi masukan-masukan saja, memberi pertimbangan-pertimbangan kepada pemerintah (tentang industri otomotif yang tengah terpuruk), dalam hal ini Kemenperin,” katanya.

Usulan yang diusulkan Gaikindo tidak muncul begitu saja. Jongkie mengaku pihaknya belajar dari negara-negara lain yang menerapkan relaksasi pajak.

“Kami lihat usulan kami seperti di negara tetangga, yang terbukti bagus. Kalau ada pemotongan atau stimulus langsung yang mengena kepada harga jual kendaraan bermotor, untuk jenis produk dan waktu yang ditentukan,” ujar Jongkie.

“Dan yang lebih penting lagi adalah mobil yang diproduksi di dalam negeri. Agar pabrik-pabrik yang ada di sini tetap berjalan, ini yang harus kita bela mati-matian. Itu saja masukan-masukan yang kami berikan kepada pemerintah,” tuturnya.

Sementara itu, Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis Yustinus Prastowo, mengatakan, pemberikan insentif bagi industri otomotif sudah sepatutnya dilakukan sekarang.

Menurutnya, saat ini merupakan momentum yang tepat. Apalagi tren pertumbuhan ekonomi mulai meningkat, dengan meningkatnya laju penjualan kendaraan pada awal tahun.

“Maka baik kalau ini diakselerasi, terutama kami melihat juga konsumsi kelompok menengah atas yang masih agak tertahan,” ujar Yustinus pada kesempatan yang sama.

“Jadi di sini timing-nya tepat untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di kuartal I dan kuartal II 2021,” kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/02/17/091200915/insentif-buat-mobil-baru-bisa-tingkatkan-perekonomian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke