Salin Artikel

Prediksi Harga Daihatsu Rocky di Indonesia, Setara dengan Xenia

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebagai saudara satu basis, Toyota Raize dan Daihatsu Rocky kemungkinan besar bakal meluncur bersamaan di Indonesia. Jika Raize diprediksi hadir dalam waktu dekat, artinya hal yang sama juga terjadi pada Rocky.

Kemunculan Rocky pun bisa terendus lewat lampiran Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor Dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2021.

Dalam dokumen tersebut bisa dilihat bahwa Rocky memiliki harga dasar pengenaan PKB (Pajak Kendaraan Baru) mulai Rp 136,5 juta sampai Rp 176,4 juta.

Sedangkan untuk variannya akan tersedia 6 tipe, mulai dari 1.2 M MT, 1.2 M CVT, 1.2 X MT, 1.2 X CVT, 1.0T R MT, dan 1.0T R CVT.

Sedangkan jika kita bandingkan dengan Xenia, harga dasar berada di rentang Rp 151,2 juta sampai Rp 178,5 juta.

Dari data tersebut bisa kita analisis bahwa varian terbawah Rocky masih lebih murah daripada varian terbawah Xenia, sementara varian teratas Xenia lebih mahal daripada varian teratas Rocky.

Melihat harga Xenia dari situs resminya, saat ini Low MPV Daihatsu dibanderol dari Rp 196,750 juta sampai Rp 240,650 juta.

Dari perbandingan itu, bisa diprediksi posisi harga Rocky akan berada setara dengan Xenia. Kami prediksi Rocky akan dihargai mulai Rp 180 jutaan sampai Rp 230 jutaan.

Meski begitu, pihak PT Astra Daihatsu Motor (ADM) masih bungkam perihal kehadiran Rocky di Indonesia.

“Saya no comment,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director ADM, kepada Kompas.com (16/2/2021).

Sebelumnya, Amelia hanya memastikan pihaknya akan meluncurkan sebuah produk baru pada waktu yang tepat tanpa menyebutkan modelnya.

“Tahun ini Daihatsu juga sudah menyiapkan rangkaian untuk penyegaran produk. Waktunya kapan, nanti akan kami informasikan,” kata Amelia, dalam konferensi virtual Januari 2021.

Untuk diketahui, Rocky merupakan SUV kompak yang sudah meluncur di Jepang pada akhir 2019. Mobil ini bakal jadi produk pertama di Indonesia yang mengusung platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture).

Urusan mesin, varian 1.0T kemungkinan besar akan mengusung mesin 1.000 cc turbo 1KR-VET seperti Raize dan Rocky di Jepang. Mesin ini sanggup hasilkan tenaga 96 tk dan torsi 140 Nm.

Sementara varian 1.2 tampaknya bakal menggunakan mesin 1.200 cc 3NR-VE yang sama dengan kepunyaan Calya, Sigra, Agya, dan Ayla. Mesin ini memiliki tenaga 86 tk dan torsi 108 Nm.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/02/16/164200515/prediksi-harga-daihatsu-rocky-di-indonesia-setara-dengan-xenia

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.