Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ada Tes GeNose di Terminal, PO Bus Berharap Penumpang Meningkat

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejak Minggu (8/2/2021), Terminal Pulogebang memberlakukan pengecekan Covid-19 lewat alat GeNose secara acak untuk penumpangnya.

Rencananya, tidak hanya di Terminal Pulogebang, pengecekan Covid-19 dengan alat GeNose ini juga akan diterapkan di sejumlah Terminal Tipe A yang ada di seluruh Indonesia.

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi berharap, pengecekan dengan GeNose ini bisa bermanfaat untuk mendeteksi kesehatan para penumpang angkutan bus.

“Kami targetkan dalam sehari dapat mengecek antara 50 hingga 100 penumpang di Terminal Pulogebang yang perharinya ada sekitar 700 sampai 1.000 penumpang,” kata Budi dalam keterangan resmi belum lama ini.

Ketua Umum Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI) Kurnia Lesani Adnan menanggapi positif akan adanya pengetesan GeNose di terminal.

"Sangat bagus sekali, ini satu hal yang positif dari pemerintah untuk menjaga dan mengendalikan penyebaran Covid-19 pada pergerakan masyarakat," ucap pria yang akrab disapa Sani kepada Kompas.com, Rabu (10/2/2021).

Dengan adanya pengecekan secara acak pada penumpang di terminal ini juga membuat pengusaha otobus (PO) berharap adanya peningkatan jumlah penumpang. Hal ini dikarenakan bepergian dengan bus bisa lebih terjamin keamanannya.

“Untuk penggunaan GeNose memang kita harapkan dapat mendongkrak kepercayaan penumpang akan transportasi darat. Kita perlu pantau beberapa waktu ke depan,” ucap Anthony Seteven Hambali, pemilik PO Sumber Alam kepada Kompas.com, Rabu (10/2/2021).

Anthony mengatakan, penumpang yang ada saat ini sudah tidak takut dengan Covid-19. Mereka lebih takut kalau disidak di jalan dan jika positif harus dikarantina

Selain itu, agar lebih baik ke depannya, Anthony berharap kalau alat GeNose tersebut segera didistribusikan ke terminal lainnya. Kemudian, kalau bisa juga perusahaan angkutan bisa memilikinya untuk mengecek kru PO tersebut.

“Jadi untuk deteksi dini ke driver, kru, dan karyawan perusahaan. Karena kami kan termasuk pelayan publik, diharapkan dapat prioritas juga dari pemerintah,” ucapnya.

Selain itu, dengan adanya deteksi dini pada kru PO bus, ada nilai tambah yang dimiliki angkutan resmi dibanding travel gelap yang masih ada di jalanan.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/02/10/152532115/ada-tes-genose-di-terminal-po-bus-berharap-penumpang-meningkat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke