Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jalan Tol Cipali Ambles hingga Contraflow, Begini Etika Contraflow

JAKARTA, KOMPAS.com – Akibat curah hujan yang tinggi di wilayah Jawa Barat dalam beberapa hari terakhir, ruas Tol Cipali Km 122  arah Jakarta mengalami ambles dan tidak bisa dilewati kendaraan.

Pengelola jalan tol dan petugas kepolisian pun menerapkan contraflow mulai Selasa (9/2/2021). Diperkirakan contraflow akan berlangsung selama tiga hari sampai lajur darurat di median jalan selesai dibangun.

Mengemudikan kendaraan melewati jalur contraflow tentu tidak bisa sembarangan. Pengemudi wajib memperhatikan tata caranya agar tetap selamat di jalan.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan, ada tiga kunci mengemudikan mobil di kondisi jalan yang contraflow.

“Pertama, jaga jarak aman dengan kendaraan di depan,” ujar Sony kepada Kompas.com, Selasa (9/2/2021).

“Tujuannya agar mendapatkan visibilitas di depan yang lebih luas dan memiliki ruang dalam mengantisipasi bahaya tabrakan beruntun,” katanya.

Sony juga mengatakan, pengemudi juga harus menjaga kecepatan aman. Menurutnya, kecepatan ideal 60 kpj sesuai dengan lajur kiri.

“Dengan jaga kecepatan, pengemudi lebih ringan dalam bereaksi dan gejala selip kendaraan lebih kecil kalau harus rem mendadak,” tuturnya.

Tak ketinggalan, Sony juga mengingatkan para pengendara untuk selalu tertib dan mengikuti arahan yang sudah dibuat oleh petugas.

“Perhatikan rambu-rambu tambahan yang ada sebagai modifikasi lalu lintas. Hindari mendahului apabila tidak perlu,” ucap Sony.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/02/09/141159515/jalan-tol-cipali-ambles-hingga-contraflow-begini-etika-contraflow

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke