Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Honda GL400 Bergaya Futuristis, Pakai Rangka Origami

JAKARTA, KOMPAS.com - Interpretasi setiap orang akan kendaraan masa depan bisa berbeda-beda. Tapi, umumnya gaya yang ditampilkan akan bersifat futuristis, dengan tampilan seperti robot atau penyematan teknologi canggih.

Konsep futuristis ini diwujudkan oleh bengkel motor custom PAPnMAM pada karyanya. PAPnMAM mengambil basis mesin Honda GL400 lansiran 1985. Jangan pandang sebelah mata mesinnya yang sudah berumur 35 tahun tersebut.

Hendra Cahyono, builder dari PAPnMAM Modified, mengawinkan mesin lawas tersebut dengan rangka atau sasis baru yang membuat tampilannya kental akan nuansa futuristis. Nuansa tersebut berhasil dibangun berkat pemilihan material aluminium. Warna dasarnya yang ditonjolkan untuk memberikan kesan futuristis.

Namun, bukan materialnya yang menjadi daya tarik dari motor custom bergaya sport ini. Daya tarik sebenarnya ada di rangkanya yang disebut sebagai rangka tipe origami.

"Rangka ini kami sebut tipe origami, karena kami membuatnya dari potongan-potongan pelat yang kami susun menjadi satu. Ketebalan pelat bervariasi, mulai dari 3 mm, 4 mm, dan 6 mm," ujar Hendra, dalam keterangan resminya.

Mesinnya hanya dibangun ulang agar kembali ke kondisinya yang prima. Tak ada ubahan besar, Hendra mengatakan, hanya penambahan kopling hidrolis.

Untuk menyalurkan gas buang, PAPnMAM menyematkan knalpot buatannya sendiri yang sudah memiliki fitur exhaust valvetronic.

Bagian jok, kelistrikan atau kabel-kabelnya, semua dibuat seminimalis mungkin sehingga meninggalkan kesan rapih. Kabel-kabelnya semua ditempatkan di dalam rangka.

"Tromol depan dan belakang kami buat sendiri dari bahan duralumin. Pelek memakai ring 17 dan dibalut ban tipe slick ring 17," kata Hendra.

Hendra menambahkan, untuk sokbreker depan mengambil copotan dari motor BMW S1000RR. Untuk monoshock, Hendra mengandalkan Ohlins TTX.

Tidak ada lapisan cat yang digunakan pada rangka, hanya plating yang dilanjut coating clear. Sedangkan bagian bodi, hanya coating clear dan sedikit sentuhan gold leaf.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/02/09/100200615/honda-gl400-bergaya-futuristis-pakai-rangka-origami

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke