Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Porsche Tabrak LCGC, Ingat Lagi Cara Aman Berhenti di Pinggir Jalan

JAKARTA, KOMPAS.com – Bukan hanya di bahu jalan tol, berhenti di pinggir jalan relatif tidak aman. Sebab kendaraan berpotensi rawan ditabrak dari belakang. Oleh sebab itu, jangan sembarangan dan cari tempat yang aman untuk menepi.

Kejadian tabrak dari belakang pun kembali ramai, salah satunya seperti yang diunggah akun Instagram @otomtalk (31/1/2021).

Terlihat sebuah mobil Daihatsu Sigra/Toyota Calya berhenti di pinggir jalan. Bahkan mobil tersebut berhenti sampai memakan badan jalan.

Tak lama berselang, dari arah belakang datang Porsche Cayenne yang tampak oleng. Mobil mewah itu langsung menghajar bagian belakang Sigra/Calya.

Bagian belakang LCGC itu pun hancur, namun Cayenne masih bisa melaju tanpa gangguan.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan, berkaca dari kejadian ini ada beberapa hal yang bisa dipetik sebagai pelajaran.

“Jangan berhenti dan merasa aman di pinggir jalan. Dengan alasan apapun kemungkinan tertabrak sangat besar,” ujar Sony, kepada Kompas.com (31/1/2021).

Menurut Sony, berhenti di pinggir jalan sangat berisiko tertabrak kendaraan apapun yang bergerak. Jadi jangan berhenti di pinggir jalan apabila tidak terpaksa.

“Berhenti di pinggir jalan diperbolehkan jika terpaksa, seperti mobil rusak, ban kempis, dan sebagainya. Nyalakan lampu hazard dan pasang segitiga pengaman saat darurat, serta segera menjauh dari mobil,” katanya.

“Kalau bukan keadaan darurat, cari tempat parkir, bukan berhenti di pinggir jalan seperti itu,” ucap Sony.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/01/31/162100415/porsche-tabrak-lcgc-ingat-lagi-cara-aman-berhenti-di-pinggir-jalan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke