Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Motor Ditabrak Mobil dari Belakang, Tetap Waspada Saat di Lampu Merah

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ini terjadi kecelakaan di Bantul, Yogyakarta di mana ada mobil yang dikendarai bocah usia 14 tahun menabrak motor yang sedang berhenti di lampu merah.

Dalam kecelakaan tersebut, salah satu pengendara motor tewas ditabrak oleh mobil. Kejadian ini memperlihatkan, walaupun sudah mengikuti peraturan, bahaya tetap saja tidak bisa diduga datang dari mana.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, jika memang ditabrak dari belakang, itu merupakan sesuatu yang tidak bisa diprediksi. Namun ada satu cara untuk setidaknya lebih waspada dengan kejadian di belakang motor.

“Untuk prediksi dari arah belakang, hanya bisa dengan dibiasakan untuk melihat kaca spion. Karena hanya dengan kaca spion, kita bisa memantau area belakang kendaraan,” ucap Agus kepada Kompas.com, Jumat (29/1/2021).

Ketika sering memantau spion dan melihat gelagat kendaraan di belakang aneh, pengendara motor bisa menghindar sehingga lebih aman. Selain itu, berhenti di lampu merah juga ada teknik keselamatan berkendaranya.

Dalam safety riding, jika berhenti di lampu merah, kaki yang turun adalah kaki kiri. Alasannya, kaki kanan tetap berada di pedal rem belakang, jadi jika ditabrak dari arah belakang, kondisi motor tetap kuat,” kata Agus.

Selain itu, alasan kedua kaki kiri turun adalah karena lalu lintas di Indonesia yang mengharuskan kendaraan menyalip dari kanan. Jadi kaki kanan aman, tidak terlindas kendaraan lain saat di lampu merah.

“Tapi situasional juga, ketika kita berhenti di sisi kanan, maka kaki kanan yang turun agar lebih aman. Safety riding itu fleksibel, tidak kaku dan harus disesuaikan dengan keadaan lingkungan berkendara,” ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/01/30/072200415/motor-ditabrak-mobil-dari-belakang-tetap-waspada-saat-di-lampu-merah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke