Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Musuh ALS, Ini Pilihan Bus Trayek Jauh Jakarta–Medan

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu rute terjauh menggunakan bus AKAP adalah dari Jakarta ke Medan. Pertama bus harus menyeberang dulu dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera. Kemudian dari situ, baru bisa menggunakan Jalan Tol Trans Sumatera.

Namun Jalan Tol Trans Sumatera belum sepenuhnya menghubungkan setiap daerah. Bus masih harus melewati jalan provinsi yang berkelok dan naik turun bukit. Oleh karena itu, perjalanan dari Jakarta bisa lebih dari satu hari.

Berikut ini ada tiga PO bus AKAP dengan trayek Jakarta – Medan yang sudah Kompas.com kumpulkan. Pertama ada PO Antar Lintas Sumatera (ALS), lalu Putra Pelangi dan satu lagi Sempati Star.

Untuk PO ALS, hanya menawarkan dua kelas saja, AC toilet dan non toilet. Untuk yang AC toilet, dibanderol Rp 500.000 sedangkan yang non toilet Rp 415.000. Biasanya susunan kursinya 2-2 tanpa leg rest.

Keunikan dari PO ALS sendiri adalah jasa pengiriman paketnya. Paket yang ingin dikirimkan menuju Medan, selain ditempatkan di bagasi, biasanya juga sebagian ditaruh di atas atap bus.

Kemudian ada PO Putra Pelangi yang membanderol tiketnya Rp 600.000. Untuk susunan kursinya yaitu dua di kanan dan dua kiri (2-2) namun belum memiliki leg rest. Fasilitas seperti bantal dan selimut juga diberikan untuk penumpangnya.

Terakhir ada PO Sempati Star yang membanderol tiket Jakarta – Medan Rp 750.000. Untuk kelas bus ini, susunan kursinya juga 2-2 namun sudah dilengkapi dengan leg rest, sehingga kaki penumpang bisa lebih rileks selama perjalanan.

Jika ingin melakukan perjalanan ke Medan dengan bus, siapkan uang lebih untuk membeli makan di restoran saat bus beristirahat.

Memiliki perjalanan yang panjang, bus juga sering beristirahat, namun penumpang kadang tidak mendapatkan servis makan gratis dari PO bus tersebut.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/01/29/185030915/musuh-als-ini-pilihan-bus-trayek-jauh-jakartamedan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke