Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Replika Motocompo Pakai Basis Honda Beat

JAKARTA, KOMPAS.com - Motocompo merupakan salah satu motor ikonik Honda. Motor ini awalnya ditawarkan sebagai motor gratisan jika membeli Honda Civic medio 80'an.

Di Indonesia peminatnya relatif banyak sehingga motor mungil ini jadi incaran kolektor. Harganya cukup mahal dan banderolnya gelap, di marketplace bisa mencapai Rp 40 juta - Rp 75 juta.

Buat yang tertarik dengan Motocompo kini ada alternatif lain yang terjangkau, yaitu modifikasi. Bentuknya mirip dengan yang asli tapi mesinnya lebih besar memakai Honda Beat.

Adalah Jubetor Indonesia yang membuat motor ini. Jubetor awalnya merupakan akun jual beli motor termaauk titip jual dan kini mulai melebarkan sayap membuka workshop motor.

Raka Dika Weda Swara, Owner Workshop and Custom Bike Showroom Jubetor mengatakan, custom Motocompo bisa dikatakan merupakan produk pertama Jubetor.

Dimensi dan detailnya coba dibuat semirip mungkin dengan yang asli. Rancang bangunnya diperhitungkan. Mesin dan CVT memakai Honda Beat 2011 tapi yang lainnya custom.

"Karena saya punya Motocompo jadi motornya saya bongkar, kemudian kami tim bikin mal-malan (cetakan). Jadi dimensinya bisa head to head (1:1) dengan yang asli," kata Raka kepada Kompas.com, Selasa (26/1/2021).

Kustomisasi pertama ialah membuat rangka. Proses pembuatannya mesti teliti agar dapat proporsi yang pas. Sebab mesin Beat lebih besar dari Motocompo yang hanya 50 cc.

Secara garis besar bodinya meniru persis punya Motocompo sampai detail-detailnya. Tapi jika bodi aslinya pakai fiber atau plastik, maka versi custom ini pakai pelat galvanis 1,2 mm.

"Yang sulit itu mesin, memasukkannya ke rangka karena punya Beat lebih besar. Bagaimana supaya dimensinya tetap sama. Kemudian Beat pakai V-Belt," kata Raka.

Meski motornya mungil tapi daftar kustomisasi yang dilakukan cukup panjang. Pelek depan contohnya lingkar 8 inci terpaksa mesti bikin sendiri karena di pasaran cukup sulit ditemukan.

"Teromol depan pakai motor China Qingqi ring 8 tapi peleknya pakai alumunium, yang belakang hub dan pelek pakai aslinya ring 14 inci tapi kita potong bikin jadi 8 inci," katanya.

Bukan cuma pelek, suspensi depan belakang juga custom. Raka mengatakan sulit mencari suspensi depan dan belakang yang cocok, sehingga akhirnya dia bikin sendiri.

"Kemudian yang sulit itu setang. Kalau yang punya Motocompo tahu setangnya itu sedikit goyang di bagian putarannya. Karena itu kita bikin sama tim bagaimana tidak goyang," katanya.

"Kenapa kita mau buat yang baik sebab mesin Beat lebih besar, kecepatannya juga lebih tinggi, jadi biar aman kalau dipakai. Setangnya tidak goyang," kata Raka.

Harga

Custom Motocompo ini dijual mulai Rp 25 juta untuk varian standar. Tapi jika konsumen mau lebih personal dan ditambahkan aksesori lain harganya mulai Rp 28 juta.

"Proses pengerjaannya sekitar dua bulan. Kami terima dengan sistem pre order. Buat yang mau diubah lagi juga bisa, misalnya mau tambah yang lainnya," kata Raka.

Spesifikasi

Mesin : Honda Beat 2011
Velg depan: ring 8 full stainless- handmade
Velg belakang: ring 8 - rubahan velg asli
Ban depan: Swallow s231
Ban belakang: Swallow s231
Suspensi depan: tipe teleskopik - handmade
Shock belakang: handmade
Knalpot: handmade
Body work: stainless full - handmade
Body painting: white on black
Jok: synthetic leather
Footstep: GL100 / C70
Setang: handmade
Lampu depan: imported aftermarket headlight
Lampu belakang: imported aftermarket stoplamp
Tromol depan: Qingqi - ring 8
Tromol belakang: bubut pelek asli
Kaliper depan: Shimano
Speedometer: Suzuki fr80

https://otomotif.kompas.com/read/2021/01/27/100200615/replika-motocompo-pakai-basis-honda-beat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke