Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pahami Teknik Terjang Banjir Pakai Sepeda Motor

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian besar wilayah di Jakarta dan sekitarnya mulai sering diguyur hujan. Di beberapa titik pun sampai terjadi genangan air yang cukup tinggi atau banjir.

Banyak pengendara sepeda motor yang ingin cepat sampai tujuan hingga akhirnya nekat menerjang banjir. Padahal, langkah tersebut berpotensi membuat motor mengalami mogok.

Untuk dapat melewatinya tanpa mogok, ada teknik khusus yang dapat dilakukan selain mengetahui batas aman motor dapat melewati banjir.

Asep Suherman, Kepala Bengkel Honda AHASS Daya Motor Cibinong, Sawangan, dan Megamendung, mengatakan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan pengendara saat menerabas banjir.

“Banjir dengan tinggi sekitar seperempat roda masih aman dilewati. Kuncinya, sebisa mungkin gas jangan sampai tertutup,” ujar Asep, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Menurut Asep, jika posisi gas tertutup saat melewati banjir, dikhawatirkan membuat air masuk ke mesin atau ke ruang bakar lewat lubang knalpot.

Jika air sampai masuk ke ruang bakar, efeknya bisa fatal. Bukan cuma mati, tapi motor bisa mengalami water hammer.

“Efek dari water hammer itu menyebabkan setang piston bengkok, jadi harus dihindari,” ujar Asep.

Sama halnya dengan motor bebek atau motor sport, pada motor matik juga bisa menerobos banjir dengan cara menggantung gas atau menahan putaran mesin. Tujuannya agar motor selalu dapat momentum untuk melaju dan agar air tidak masuk lewat knalpot.

“Untuk motor matik, sebisa mungkin air tidak mencapai boks filter udara yang terletak di sektiar cover CVT,” kata Asep.

Asep menambahkan, sebisa mungkin jangan menerobos banjir. Kalau tidak yakin atau ada jalan lain, lebih baik putar balik pilih jalan yang bebas banjir.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/01/26/101200515/pahami-teknik-terjang-banjir-pakai-sepeda-motor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke