Salin Artikel

Modifikasi Holden Premier Milik Petani Kopi

JAKARTA, KOMPAS.com – Modifikasi mobil memang disesuaikan dengan keinginan sang pemilik. Kadang mobil dimodifikasi tidak mengikuti tren, melainkan untuk menggambarkan pekerjaan atau kegemaran dari pemiliknya.

Misalnya seperti Holden Premier Tahun 1972 milik Arie Nuegroho, petani kopi di Aceh. Arie memercayakan bengkel Auto Pilot Modified di Medan untuk menggarap mobil kesayangannya.

Owner bengkel Auto Pilot Modified Zoel Ritonga mengatakan, ada alasan tersendiri dalam pemilihan warna eksterior dan interior dari Holden Premier ini. Dirinya memilih warna bronze kehitam-hitaman yang mendekati warna kopi.

“Kebetulan owner-nya ini petani kopi, jadi eksterior di repaint dengan warna yang mendekati warna kopi. Selain warna, pada bagian bodi tidak banyak ubahan, hanya awalnya saja dilakukan pengelasan pada bagian bodi yang keropos,” ucap Zoel kepada Kompas.com, Selasa (19/1/2021).

Lalu untuk kaki-kaki, Zoel memasangkan air suspension dua titik merek Air Pride Air Suspension dengan solenoid dan remote control. Kemudian pelek yang digunakan buatan Amerika dengan merek OG Wire berukuran 18 inci.

“Di bagian interior, kita hanya melakukan retrim pada bagian jok, alas dasar dan door trim. Bahan yang dipilih memakai MB Tech berwarna bronze dengan bias putih, agar matching dengan eksterior,” kata Zoel.

Selain itu, Auto Pilot Modified juga melakukan custom pada setir. Untuk lingkar luarnya, dibuat dari rantai, sedangkan bagian tengahnya masih memakai bawaan Holden. Kemudian dilakukan juga penambahan sistem audio di kabinnya.

“Kita pasang satu subwoofer, lalu ada power empat chanel dan monoblock. Untuk semua komponen audionya, kita pakai merek Rockford,” ucapnya.

Sedangkan untuk bagian mesin, tidak banyak ubahan yang dilakukan. Zoel hanya melakukan servis ringan dan beberapa bagian dilapis dengan chrome. Kemudian dibuat juga muffler custom dua lubang yang keluar dari samping.

Zoel bercerita, kalau ownernya saat itu, ingin mengikuti perlombaan modifikasi nasional di Medan. Dengan waktu yang singkat, sekitar dua bulan, mobil ini selesai dibuat dan sang owner puas dengan hasil modifikasi Auto Pilot Modified.

Spesifikasi Modifikasi Holden Premier 1972 oleh Auto Pilot Modified:

Eksterior:
Repaint warna Bronze

Kaki-kaki:
Air Pride Air Suspension dua titik dengan selenoid dan remote control
Pelek OG Wire 18 inci

Interior:
Retrim jok, alas dasar, dan door trim dengan warna bronze dan aksen putih

Audio:
Subwoofer Rockford Fosgate
Power empat chanel Rockford Fosgate
Monoblock Rockford Fosgate

Mesin:
Pelapisan Chrome pada beberapa bagian
Custom Muffler keluar samping dua lubang

https://otomotif.kompas.com/read/2021/01/19/153811715/modifikasi-holden-premier-milik-petani-kopi

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.