Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mayoritas Pengendara Motor Belajar Otodidak, Jadi Tak Paham Aturan

JAKARTA, KOMPAS.com – Kecelakaan yang melibatkan motor biasanya mengakibatkan cedera parah bahkan bisa sampai kehilangan nyawa. Selain itu, di Indonesia masih banyak juga kecelakaan motor yang terjadi.

Salah satu penyebab kecelakaan motor adalah kurangnya kesadaran akan keselamatan dan aturan lalu lintas. Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, rata-rata pengendara motor kurang sadar dengan aturan yang berlaku.

Kemudian, latar belakang dari perilaku pengendara motor di Indonesia ini salah satunya karena tidak adanya sekolah khusus berkendara roda dua yang aman untuk masyarakat. Jadi, mayoritas pengendara motor di Indonesia itu adalah belajar sendiri atau otodidak.

“Ketika pengendara belajar secara otodidak, mereka tidak mendapatkan pemahaman tentang berkendara yang aman dan nyaman,” ucap Agus kepada Kompas.com, Minggu (17/1/2021).

Selain itu, pengendara motor juga tidak akan paham soal pentingnya mematuhi aturan-aturan lalu lintas di jalan raya, apalagi etika berkendara. Mereka hanya tahu cara mengoperasikan kendaraan dengan skill yang terbatas.

“Padahal selain skill berkendara, mereka harus mempunyai pemahaman tentang rambu-rambu lalu lintas dan etika berkendara yang baik,” kata Agus.

Mengenai sekolah khusus berkendara motor, Agus mengatakan bahwa di Indonesia masih sangat sedikit fasilitasnya. Jika dibandingkan dengan banyaknya penjualan sepeda motor dan penggunanya, fasilitas tersebut masih kurang jumlahnya.

“Maka, akan sangat sulit jika berharap pengendara di Indonesia bisa tertib dan taat dalam berlalu lintas serta waspada terhadap potensi kecelakaan yang ada,” ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/01/18/090200415/mayoritas-pengendara-motor-belajar-otodidak-jadi-tak-paham-aturan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke