Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Semua Tak Sama, Ini Ragam Tranmsisi Matik pada Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Hampir semua produsen mobil sudah dilengkapi dengan pilihan transmisi otomatis atau matik. Namun, berbeda dengan sepeda motor, di mobil ada banyak jenisnya.

Pemilik bengkel spesialis Worner Matic Hermas Efendi Prabowo mengatakan, pada umumnya mobil-mobil di Indonesia memiliki empat jenis transmisi matik yang dikenal.

Keempat transmisi tersebut, yakni transmisi AT konvensional atau Hydraulic Automatic Transmission, Continous Variable Transmission (CVT), Dual Clutch Transmission (DCT) dan Automated Manual Transmission (AMT).

“Sebetulnya ada beberapa, tapi keempat itu yang paling umum digunakan sejumlah merek mobil yang ada di Indonesia. Pada dasarnya semua itu otomatis cuma teknis kerja dan teknologinya saja yang membedakan,” ujar Hermas, saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

1. AT (Hydraulic Automatic Transmission)

Menurutnya, jenis transmisi ini yang paling umum digunakan. Salah satunya seperti pada MPV sejuta umat, yakni Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

2. Continuous Variable Transmission (CVT)

Transmisi CVT memiliki kelebihan dibandingkan AT, yakni perpindahan yang smooth tanpa entakan.

Selain itu, karena rasio transmisi terus berubah, CVT mampu menyesuaikan agar kerja mesin menjadi lebih sigap dan ringan. Untuk itu, CVT diklaim lebih baik dalam efesiensi bahan bakar.

Pada umumunya, mobil dengan transmisi CVT memiliki harga jual yang lebih tinggi dibandingkan matik konvensional. Transmisi CVT bisa ditemukan pada mobil-mobil, seperti Toyota Yaris, Honda Brio, Honda Jazz, dan lain sebagainya.

3. Dual Clutch Transmission (DCT)

Jadi, DCT bekerja dengan menggunakan dua buah kopling ganda yang dikendalikan oleh komputer. Kopling ganda itu berfungsi atas gigi transmisi yang berbeda, yakni genap dan ganjil.

"Sebenarnya semua jenis transmisi matik saat ini sudah diatur melakui sistem komputerisasi, dengan demikian tiap perpindahan gigi itu sudah ada ritmennya. Sistem akan membaca kebutuhan pengendara, sehingga memang hasil tiap perpindahannya lebih persisi," ujar Hermas.

4. Automated Manual Transmission (AMT)

Tak banyak merek mobil yang menggunakan jenis transmisi ini. Sebab, banyak penggunanya merasa tidak nyaman akibat adanya entakan yang cukup terasa ketika menggunakannya.

Salah satu mobil yang sampai saat ini masih mengaplikasi ini adalah Suzuki Ignis.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/01/17/134100915/semua-tak-sama-ini-ragam-tranmsisi-matik-pada-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke