Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lakukan Cara Ini supaya Aki Mobil Lebih Awet

Umur atau usia pada aki mobil berbeda-beda. Idealnya sekitar 1,5 tahun hingga dua tahun, tergantung dari pemakaian dan juga bagaimana pemilik mobil tersebut melakukan perawatan.

Secara umum, aki mobil membutuhkan perawatan agar performanya tetap maksimal dan bertahan lebih lama.

Hal ini dijelaskan oleh Service Head Auto2000 Bekasi Sapta Agung Nugraha. Menurutnya, paling penting adalah menjaga voltase aki pada 12 volt.

“Jangan menambah beban pada aki standar atau bawaan mobil. Kondisi itu yang bisa menjadikan aki cepat habis,” ujar Sapta saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Sapta melanjutkan, cara lain yang bisa dilakukan untuk menjaga perfoma aki adalah, selalu memastikan semua lampu dalam keadaan mati ketika mobil berhenti atau parkir dengan jangka waktu yang cukup lama.

Selain itu, apabila mobil tersebut jarang digunakan maka sebaiknya nyalakan mesin setiap tiga hari sekali dengan waktu lebih kurang 10-15 menit.

“Jadi agar aki atau baterai mendapat pengisian dari alternator. Kalau tidak, akan kosong begitu saja dan cepat habis,” ucap Sapta.

Hal yang tidak kalah penting, lanjut Sapta, adalah harus rajin membersihkan terminal aki dari kotoran dan melepas kabel aki ketika mobil tidak digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

“Jelas hal seperti ini bisa menambah atau mempertahankan usia dari aki mobil itu sendiri,” tutup Sapta.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/01/14/170100615/lakukan-cara-ini-supaya-aki-mobil-lebih-awet

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke