Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mini Bike Dijejali Mesin Motor Bebek, Mau Jadi Pusat Perhatian

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor dengan dimensi yang mungil memang menarik. Namun, kecil saja tidak cukup untuk membuatnya jadi pusat perhatian.

Tampilannya juga harus dibuat nyentrik agar siapa pun yang melihatnya, tak dapat melepaskan pandangannya. Tampil beda adalah dua kata kuncinya.

Herianto, builder Tiba-tiba Garage, bengkel asal Sulawesi Selatan, mengatakan, awal motor ini tercipta karena ketertarikannya dengan motor mini. Banyak motor mini yang beredar dan dibangun dengan konsep-konsep yang hampir sama.

"Tapi, saya pribadi senang dan tertantang membuat suatu karya yang agak berbeda dengan konsep yang ada, dengan tujuan biar jadi lirikan dan perhatian lebih terhadap pandangan orang-orang di jalan," ujar Herianto, dalam keterangan resminya.

Anto, sapaan akrabnya, mengatakan, ingin orang-orang melihat motornya sampai terucap kata "wow". Menurutnya, kata tersebut yang menjadi tujuan titik puncak yang ingin dicapai.

"Saya ambil konsep Minion karena tidak sengaja terlintas, karena keseringan menonton kartun favorit anak saya itu, akhirnya terbuka inspirasi untuk membuat suatu konsep yang berceritakan tentang Minion," kata Anto.

Untuk dapur pacunya, Anto menggunakan mesin tidur atau rebah dari motor bebek. Mesin berkapasitas 125 cc tersebut dibiarkan dalam kondisi standar. Anto hanya menyematkan knalpot custom untuk mendongkrak performanya.

Cukup banyak komponen yang dibuatnya sendiri secara custom. Tapi, ada juga beberapa komponen yang merupakan copotan dari motor lain atau mengandalkan produk aftermarket.

"Saya berharap dengan karya sederhana ini bisa lebih digemari oleh setiap kalangan. Dengan asumsi bahwa untuk membuat karya itu tidak selalu harus mahal dan biaya yang besar. Saya rasa cukup mata yang menikmati dan hati yang merasakan," ujar Anto.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/01/13/100200015/mini-bike-dijejali-mesin-motor-bebek-mau-jadi-pusat-perhatian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke