Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kecelakaan Eks Personel Trio Macan, Ini Bahaya Tidak Pakai Seat Belt

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan yang menewaskan eks personel Trio Macan, Yuselli Agus Stevy (Chacha Sherly), bisa dijadikan pelajaran bagi semua pengguna kendaraan untuk memahami pentingnya menggunakan sabuk pengaman atau seat belt.

Diduga bahwa Chacha tidak menggunakan seat belt secara benar, meski duduk di kursi penumpang. Sehingga Chacha terpental di dalam kabin sampai mengalami luka berat di kepala saat terjadi kecelakaan.

Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), mengatakan, efek terpental ini disebut juga dengan "efek karambol".

"Ketika terjadi pengereman atau tabrakan, orang yang tidak pakai seat belt akan bergerak dengan kecepatan semula mobil tersebut. Misalkan kecepatan mobil 60 kpj, maka orang yang tidak pakai seat belt juga akan terdorong ke depan dengan kecepatan 60 kpj," jelas Jusri, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Menurut Jusri, saat penumpang di belakang terpental ke depan, bukan hanya dirinya saja yang akan terluka. Tapi, berpotensi juga mencederai penumpang lainnya yang ada di depan.

Maka itu, setiap penumpang di baris mana pun wajib untuk menggunakan seat belt. Dalam beberapa kasus kecelakaan, penumpang baris kedua dan terakhir mengalami cedera yang lebih parah daripada baris pertama.

Salah satu penyebab utamanya adalah karena tidak memakai seat belt. Sabuk pengaman di kursi kedua memang biasanya jarang dipakai penumpang.

Penggunaan seat belt sendiri sudah tertuang diatur dalam UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ).

Peraturan tersebut menerangkan tentang fungsi sabuk pengaman yang dapat membantu pengguna kendaraan untuk memperkecil risiko terjadinya luka akibat kecelakaan.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/01/06/140100615/kecelakaan-eks-personel-trio-macan-ini-bahaya-tidak-pakai-seat-belt

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke