Salin Artikel

Transjakarta Mulai Tes Bus Listrik Higer, Begini Spesifikasi Teknisnya

JAKARTA, KOMPAS.com – Tren penggunaan kendaraan listrik mulai merambah transportasi umum. Salah satunya seperti PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) yang kembali menguji coba bus listrik.

Bus listrik lansiran Higer asal China ini didatangkan langsung oleh PT Higer Maju Indonesia (HMI). Rencananya bus listrik ini bakal digunakan sebagai kendaraan niaga operasional Transjakarta.

Antonius R Ismanto, Direktur Utama PT HMI, mengatakan, pihaknya mendukung inisiatif Transjakarta dalam pengadaan kendaraan umum yang ramah lingkungan.

"Kami siap mendukung TransJakarta untuk pengadaan bus listrik yang efisien,” ujar Antonius, dalam keterangan resmi (4/1/2021).

“Bus listrik Higer sangat efisien dengan kapasitas baterai yang sangat besar dan jauh diatas kompetitor lainnya," katanya.

Antonius menambahkan, bus listrik Higer telah mengikuti pengujian oleh Transjakarta selama dua pekan terakhir dan disebut sudah lulus uji tipe (SUT) dari Kementerian Perindustrian.

"Penyediaan bus listrik Higer di Indonesia ini sejalan dengan visi pemerintah untuk kendaraan ramah lingkungan. Kendaraan yang bebas polusi gas buang atau Zero Emission dan bebas polusi suara karena bus listrik Higer berjalan dengan senyap," ujar dia.

Melihat spesifikasi teknisnya, bus listrik Higer mengusung baterai berkapasitas 385 kWh, dengan waktu pengisian daya membutuhkan sekitar 3 sampai 4 jam agar terisi penuh.

Walaupun baterai yang dimilikinya besar, berat kosong bus Higer diklaim hanya 13 ton. Sementara daya jelajah bus listrik asal China tersebut diklaim mampu melaju sejauh 300 km.

Dari sisi performa, bus listrik ini mampu menghasilkan tenaga 145 kW atau setara 194 tk dan torsi puncak 3.300 Nm. Sedangkan kapasitas mampu menampung hingga 34 orang penumpang dalam posisi duduk.

Untuk pengereman dan suspensi, Higer menggunakan teknologi buatan WABCO yang memungkinkan bus minim hentakan saat deselerasi.

Bicara soal sistem kemudi, Higer telah dilengkapi dengan power steering yang menggunakan komponen dari Bosch.

Untung W. Ismanto, Komisaris dan Founder PT HMI, mengatakan, sejak awal pembuatan pihaknya telah berkoordinasi dengan tim teknis dari Transjakarta.

"Spesifikasi bus listrik Higer diharapkan sudah mengikuti semua standar yang telah ditentukan oleh Transjakarta, seperti ukuran dan dimensi sesuai peraturan yang berlaku,” ucap Untung, dalam kesempatan yang sama.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/01/06/072200815/transjakarta-mulai-tes-bus-listrik-higer-begini-spesifikasi-teknisnya

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.