Salin Artikel

Mengenal Konfigurasi Mesin V pada Mobil

Alasan pabrikan menggunakan konfigurasi mesin yang berbeda karena menyesuaikan kompartemen mesin, kemudahan perawatan hingga mengejar perfomanya.

Pada bahasan Otopedia kali ini, tim redaksi Kompas Otomotif akan membahas mengenai mesin V pada mobil.

Menurut Dealer Technical Support Dept. Head PT TAM Didi Ahadi, selain mesin inline, mesin V juga merupakan yang paling jamak digunakan pabrikan mobil.

“Piston dan silinder pada mesin V berada pada bidang yang terpisah. Jika dilihat sepanjang sumbu crankshaft, konfigurasi mesin ini membentuk V. Konfigurasi V itu yang membuat power to weight ratio dari mesin tersebut lebih ringan dibandingkan mesin segaris atau inline.” ucap Didi saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Mesin V memiliki sudut kemiringan yang berbeda-beda dari masing-masing silindernya. Hal itulah yang memugkinankan adanya perbedaan besar sudut pada mesin V. Saat ini umumnya sudut mesin V sebesar 45, 60, dan 90 derajat.

Bicara soal jumlah silinder mesin V, tersedia dari 2, 4, 6, 8, 10, 12, 16, 18, 20, hingga 24.

Keunggulan mesin V

Kelebihan konfigurasi V terdapat pada karakter tenaga yang dapat dicapai di putaran rendah. Keunggulan pada potensi menghasilkan tenaga dan torsi inilah yang menjadi salah satu alasan mesin V lebih identik pada mobil-mobil premium dengan perfoma tinggi.

Kekurangan mesin V

Konfigurasi mesin V adalah jumlah moving part yang banyak sehingga untuk pembuatan dan perawatannya lebih memerlukan biaya lebih besar.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/31/154100615/mengenal-konfigurasi-mesin-v-pada-mobil

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.