Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berbagai Tuntutan Sistem Transportasi RI di Masa Depan

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem transportasi di Indonesia dituntut untuk bisa berkembang lebih masif, sehingga bisa menjadi bagian dari pertumbuhan ekonomi secara berkelanjutan. 

Meski perlahan, tapi kemajuan transportasi di Indonesia memang terjadi, tapi masih ada beberapa tuntutan yang wajib dipenuhi di masa depan.

Pendiri Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Suyono Dikun mengatakan, setidaknya sektor transportasi Indonesia harus memiliki sejumlah sifat seperti sustainable (berkelanjutan), integrated (terintegrasi), berkesesuaian dengan tata ruang, ramah lingkungan, seamles, dan menjadi bagian pertumbuhan ekonomi ke depan.

Tidak hanya itu, sektor transportasi juga dituntut untuk hemat energi, berteknologi tinggi dan mampu menjamin pergerakan manusia atau barang jadi lebih cepat.

"Transportasi Indonesia ke depan semestinya mempunyai sifat untuk bisa lebih maju, lebih cepat, lebih aman, nyaman, dan selamat," kata Suyono dalam webinar Outlook Transportasi 2021, Senin (28/12/2020).

Dari sisi sustainable, kata Suyono, transportasi Indonesia ke depan harus menjadi sistem yang mampu melakukan pembangunan keberlanjutan, mampu mengurai simpul pergerakan manusia, dari kota ke desa, pun sebaliknya.

“Transportasi Indonesia di masa depan adalah sistem yang harus terintegrasi antarmoda dan antarsubsektor, guna mewujudkan optimasi dan efisiensi sektor secara rasional,” kata Suyono.

Transportasi Indonesia di masa depan juga harus berkesesuaian dengan penataan ruang nasional dan bersama-sama membentuk pola struktur ruang dan pergerakan ekonomi yang efisien serta efektif.

“Hal itu harus diiringi dengan pengimplementasian transportasi yang ramah lingkungan, dan harus jauh lebih bersih dari emisi gas buang dan lebih senyap dari kebisingan. Seperti electric vehicle yang saat ini sudah marak di Indonesia,” kata Suyono.

Lebih lanjut lagi Suyono mengatakan, transportasi Indonesia di masa depan harus memiliki sifat seamless, atau sistem yang mampu menelusuri pulau-pulau dan menjembatani secara tidak terputus hubungan antara pulau besar dan kecil lainnya.

Suyono berharap di masa depan, sektor transportasi nasional bisa menjadi sistem yang terintegrasi dengan aspek ekonomi. Termasuk menjadi bagian yang integral dari pergerakan ekonomi nasional.

“Transportasi Indonesia di masa depan juga harus berteknologi tinggi, sebagai sistem yang sudah melakukan adopsi dan adaptasi teknologi maju yang setara dengan negara-negara maju di Asia lain," ujarnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/29/070200715/berbagai-tuntutan-sistem-transportasi-ri-di-masa-depan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke