Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Polresta Solo Kandangkan Ratusan Motor Berknalpot Racing Jelang Tahun Baru

SOLO, KOMPAS.com - Jajaran Polresta Solo mengamankan ratusan sepeda motor yang menggunakan knalpot racing atau tidak standar, Sabtu (26/12/2020).

Selain mengganggu kenyamanan masyarakat, penggunaan knalpot tidak standar ini juga melanggar Undang-Undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) pasal 285 ayat (1).

Dalam pasal tersebut dijelaskan bahwa disebutkan setiap orang yang mengemudikan motor di jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

Persyaratan teknis yang dimaksud dalam pasal tersebut meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot dan kedalaman alur ban.

Kasat Lantas Kompol Afrian Satya Permadi mengatakan, pihaknya fokus merazia kendaraan roda dua yang memakai knalpot bising (racing).

“Dalam razia kali ini, kami berhasil mengamankan 215 kendaraan roda dua yang menggunakan knalpot racing atau brong,” kata Kasatlantas kepada Kompas.com, Minggu (27/12/2020).

Semua kendaraan roda dua tersebut, lanjut Afrian, dilakukan penindakan sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku.

Selain itu, bagi pemilik sepeda motor yang ingin mengambil kembali kendaraannya juga diwajibkan untuk mengganti knalpot dengan standar.

"Semua motor yang terjaring razia karena menggunakan knalpot racing kami tahan. Pengguna knalpot brong membuat warga tidak nyaman dengan suara yang bising," ujarnya.

Kasatlantas juga mengimbau kepada seluruh masyarakat agar menggunakan kendaraan sesuai standar yang sudah ditentukan dalam undang-undang.

“Mari kita ciptakan Solo aman, nyaman, dan bebas dari penggunaan knalpot racing,” tutur Kasatlantas.

Sebelumnya Satlantas Polresta Solo juga berhasil mengamankan 114 motor yang menggunakan knalpot racing. Sementara total sepeda motor yang sudah diamankan mencapai lebih dari 600 motor.

Razia knalpot racing ini, kata Kasatlantas, bertujuan berkaitan dengan cipta kondisi jelang menjelang akhir tahun.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/27/082100915/polresta-solo-kandangkan-ratusan-motor-berknalpot-racing-jelang-tahun-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke