Salin Artikel

Viral, Video Pengendara Motor Dorong Mobil Mogok Pakai Kaki

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian besar pengguna sepeda motor pasti sering mendorong kendaraan ketika mogok dengan kaki atau bahasa bikernya stut.

Cara ini dilakukan untuk mempercepat perjalanan menuju pom bensin atau bengkel terdekat, jadi pemilik motor yang mogok tak perlu menuntun kendaraannya dengan berjalan kaki.

Namun, aksi mendorong kendaraan mogok yang tidak lazim oleh pengendara motor terlihat pada video yang diunggah oleh akun instagram @dashcamindonesia.

Dalam video berdurasi 40 detik itu, tampak seorang pria mengendarai sepeda motor sambil mendorong mobil menggunakan kakinya yang sedang mogok di Jalan Senenan, Jepara.

Aksi tersebut pun menuai banyak pujian oleh warganet, tetapi ada pula yang menyayangkan karena dinilai ceroboh dan membahayakan.

Menurutnya, ketika hendak menolong sesama pengguna jalan sebaiknya juga harus diperhatikan dari sisi keamanan.

“Tidak ada sejarahnya motor (yang lebih ringan) mendorong mobil (kendaraan yang lebih berat). Karena beda bobot, sehingga tidak akan menciptakan efek aktivitas atau dorong yang benar,” ujar Sony saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (26/12/2020).

Selain itu, Sony menambahkan, hal yang paling penting saat berkendara adalah harus menjaga jarak.

“Ketika hal tersebut diabaikan, saat rem mendadak, manuver, atau menghindar, maka sudah pasti akan menyebabkan kecelakaan. Blindspot motor tersebut juga sangat besar karena jarak dengan mobil terlalu dekat,” katanya.

Jika hal tersebut dilakukan hanya untuk kesenangan semata, Sony menyarankan pengemudi motor sebaiknya berpikir 2 kali demi keselamatan. Karena hal tersebut bisa membahayakan dirinya serta orang-orang yang berkendara di sekitarnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/27/070100715/viral-video-pengendara-motor-dorong-mobil-mogok-pakai-kaki

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.