Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Legenda MotoGP Bilang Marc Marquez akan Berat Hadapi Musim 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez absen hampir satu musim penuh karena cedera yang dialaminya. Sampai sekarang, dia masih menjalani proses penyembuhan.

Beberapa waktu lali, pebalap asal Spanyol ini bahkan baru saja menjalani operasi ketiga karena terjadi infeksi pada cederanya. Maka itu, dirinya diharuskan beristirahat penuh agar sembuh total.

Sebagian orang memprediksi Marc masih akan absen di seri pembuka. Sebagian lainnya, berharap pebalap Repsol Honda tersebut cepat kembali ke atas motornya.

Pebalap legendaris MotoGP, Kevin Schwantz, mengatakan, semakin lama Marc cedera, akan semakin berat baginya untuk mengumpulkan kembali kekuatannya.

"Ketika saya masih balapan, saya selalu memiliki feeling bahwa butuh tiga kali lebih lama untuk kembali menjadi yang terbaik secara mental dan secara fisik, jika saya absen satu bulan," ujar Schwantz, dikutip dari Speedweek.com.

Schwantz menambahkan, butuh waktu untuk kembali ke trek, dan semakin lama Anda jauh dari trek, maka akan butuh waktu lebih lama lagi.

"Tiba-tiba, Anda sadar sudah lima detik lebih lambat, karena kepala Anda sudah tidak terbiasa apa yang terjadi pada 300 kilometer per jam," kata Schwantz.

Menurutnya, jika ada seseorang yang bisa melakukannya, kembali ke sirkuit dengan kondisi terbaiknya, maka orang itu adalah Marc. Namun, Schwantz juga memperingatkan Marc.

"Ini tidak akan mudah. Dia sudah tidak balapan dalam waktu yang sangat lama sebelumnya dan dia memulai balapan sangat awal. Kehabisan waktu sangat berbahaya jika dia harus kehilangan satu musim lagi dan menjalani beberapa operasi lagi, ini akan sangat sulit baginya," ujar Schwantz.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/24/104200315/legenda-motogp-bilang-marc-marquez-akan-berat-hadapi-musim-2021

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke