Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Astra Tol Cipali Tingkatkan Layanan Keselamatan pada 2021

JAKARTA, KOMPAS.com – Astra Tol Cipali terus meningkatkan pelayanan keselamatan bagi para pengguna jalan. Ada sejumlah fasilitas yang akan ditambah untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Rencananya, mulai 2021 akan dipasang CCTV tiap 1 Km di sepanjang ruas tol Cipali. Selain itu, bakal dipasang juga wire rope sepanjang 109 Km yang mampu menahan beban 80 ton sebagai pengaman agar kendaraan tidak berpindah jalur.

Dari sisi penegakan aturan, Astra Tol Cipali bekerja sama dengan Dinas Perhubungan bakal menindak truk ODOL (over dimension over load) setiap dua bulan sekali.

Kemudian juga akan ada operasi speed gun setiap satu bulan sekali bersama kepolisian daerah. Dengan penindakan yang akan dilakukan rutin, diharapkan bisa meningkatkan kesadaran pengguna jalan untuk berubah ke arah yang lebih baik.

Astra Tol Cipali juga mencatat, bahwa sekitar 80 persen dari kecelakaan yang sering terjadi disebabkan oleh faktor kelalaian manusia.

Berdasarkan kajian KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi), jalan tol Cipali memiliki faktor reaksi manusia yang berdampak pada kecelakaan, yaitu risiko lelah pada pengemudi dan tingginya gap kecepatan.

Oleh sebab itu, Astra Tol Cipali akan melakukan sejumlah program, salah satunya melalui 3E: Education, Engineering, dan Enforcement, untuk menurunkan angka kecelakaan.

“Pada November 2020, tercatat penurunan angka kecelakaan sebanyak 7 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya,” ujar Suyitno, General Manager Astra Tol Cipali, dalam keterangan resmi (23/12/2020).

“Penurunan jumlah kecelakaan di Tol Cipali tentunya buah hasil dari kekonsitenan Astra Tol Cipali bersama dengan pihak terkait melalui berbagai upaya baik dari peningkatan fasilitas keselamatan,” katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/24/101200615/astra-tol-cipali-tingkatkan-layanan-keselamatan-pada-2021

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke