Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dari Kupe Jadi Cabriolet, Toyota Lepas Atap GR Supra

JAKARTA, KOMPAS.com – Toyota Motor Corporation Divisi Amerika Serikat meluncurkan Supra hasil modifikasi. Sedan sport yang awalnya berbentuk kupe, sekarang berubah menjadi sebuah cabriolet dengan atap targa yang hanya terbuka setengah bagian saja.

Dinamai GR Supra Sports Top, mobil ini sengaja hadir sebagai bentuk penghormatan kepada generasi ke-4 Supra (A80) yang saat ini masih populer.

Kelahiran mobil ini menjadi respons atas tanggapan terhadap Supra GR Heritage Edition yang hadir di booth Toyota pada ajang SEMA 2019.

Dilansir dari laman Response, sejak gelaran itu Toyota memulai proyek modifikasi pada GR Supra berikutnya.

Mobil sport Toyota mendapat pengembangan yang belum pernah dilakukan oleh pabrikan sebelumnya. Yakni menghilangkan bagian atap, tanpa menghapus esensi penting dari struktur GR Supra.

Para insinyur memastikan tingkat kekakuan mobil tidak berkurang meski bagian atap dihilangkan. Berbeda dengan mobil cabriolet kebanyakan, atap GR Supra bisa dilepas seluruhnya dan bisa disimpan di bagasi.

Untuk diketahui, pengerjaan mobil ini dilakukan langsung oleh Toyota North America Research & Development di Michigan, Amerika Serikat.

Awalnya sebuah panel komposit untuk atap dibuat dengan pencetakan 3D. Panel atap dirancang agar senada dengan garis bodi GR Supra.

Sementara struktur kaca depan dan struktur bodi bagian luar digunakan sebagai struktur basis kendaraan.

Untuk menjaga struktur bodi agar tetap utuh apabila terjadi kecelakaan, struktur bodi di bagian atap luar diperkuat dari bagian bawah. Tepatnya dari ruang mesin hingga kabin bagian belakang.

Secara tampilan, mobil ini juga mendapat pembenahan seperti diffuser belakang yang dibuat khusus untuk membuat aliran udara di bagian kolong mobil lebih efisien.

Sistem knalpot juga dirancang baru dan knalpot custom dengan pipa ganda di bagian tengah juga telah mendapat pengembangan.

Marty Schwerter, Kepala Pengembangan GR Supra Sports Top, mengatakan, tugas menghilangkan atap mobil ini bukanlah perkara mudah.

“Kami sangat berhati-hati untuk menghilangkan bagian penting dari struktur kendaraan, memotong atap,” ucap Schwerter, dikutip dari Response.

“Ini jauh lebih rumit, pemotongan atap sangat sulit dan membutuhkan pekerjaan yang cermat untuk menjaga kekakuan GR Supra,” katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/23/140100215/dari-kupe-jadi-cabriolet-toyota-lepas-atap-gr-supra

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke