Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Viral, Video Pengguna Skuter Listrik Nyaris Jadi Korban Penjambretan

JAKARTA, KOMPAS.com - Aksi kejahatan di jalan raya seperti penjambretan atau penodongan belakangan ini sering terjadi pada pengendara sepeda motor.

Salah satunya seperti yang video viral yang diunggah oleh akun @agoez_bandz4. Dalam video berdurasi 60 detik tersebut terlihat saat seorang pengguna skuter listrik atau e-scooter yang sedang menikmati jalanan Ibu Kota, tiba-tiba ada pengendara sepeda motor yang coba mendekati.

Pengendara sepeda motor itu berusaha merampas ponsel yang ada di handle bar skuter listrik. Namun, usahanya tidak membuahkan hasil.

“Harap berhati-hati jika meletakkan HP di handle bar (khususnya yang suka di jalan raya). Pelajaran bagi kita semua agar lebih berhati-hati dalam meletakkan atau menaruh benda berharga,” tulis keterangan @agoez_bandz4 dalam unggahannya, Selasa (15/12/2020).

“Liburan menikmati jalan dan lalu lintas yang sepi memang mengasyikkan, tapi perhatikan satu hal, ketika kita ada berada di jalan raya, banyak bahaya yang mengancam, salah satunya penjambretan,” ujar Sony saat dihubungi Kompas.com, Rabu (16/12/2020).

Menurut Sony, ada beberapa hal yang bisa diterapkan untuk menghindari hal tersebut.

“Pastikan selalu ada di lajur kiri dan tidak sendirian. Ketika berada di lajur tengah atau kanan akan bersinggungan dengan kendaraan bermotor lainnya dan itu bahaya karena beda kecepatannya,” kata Sony.

“Kemudian, saling mengingatkan satu dengan yang lain dan selalu lihat ke sekeliling rombongan, jaga jarak dengan pengguna jalan lain. Apabila ada yang mendekat kurangi kecepatan untuk cari aman,” lanjut Sony.

Sementara itu, kebiasaan meletakkan ponsel di handle bar sangat tidak disarankan oleh Sony. Sebab, hal tersebut bisa mengundang kesempatan orang lain untuk melakukan tindak kejahatan.

“Kebiasaan menaruh handphone di handle bar dilakukan oleh sebagian besar pengendara mobil, motor, sepeda, sampai e-scooter. Alasannya agar mudah melihat rute. Oleh sebab itu, penting menentukan arah dan meeting point sebelum berjalan,” katanya.

Sony menegaskan, kejadian ini seharusnya bisa menjadi pelajaran, baik pengendara sepeda motor maupun e-scooter, untuk meletakkan barang berharga di tempat yang tidak terlihat agar terhindar dari tindak kejahatan.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/16/132100615/viral-video-pengguna-skuter-listrik-nyaris-jadi-korban-penjambretan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke