Salin Artikel

Paten Baterai Motor Hybrid Kawasaki Terkuak

JAKARTA, KOMPAS.com - Bukan rahasia kalau Kawasaki sedang mengembangkan motor hibrida. Pabrikan bahkan sempat merilis teaser yang sedikit mengungkap teknologi tersebut.

Pada Oktober 2020, paten motor hibri Kawasaki tersebut juga sempat bocor. Kali ini patennya kembali terkuak, tapi lebih merinci soal teknologi baterai yang bakal dipakai.

Baterai motor hibrid Kawasaski tersebut berbentuk persegi. Dari gambar terlihat jelas bagian-bagian internal baterai dan cara sel-sel baterai tersebut disejajarkan dan terhubung satu sama lain.

Sistem baterainya ialah menggunakan baterai lithium ion kecil-kecil yang terkoneksi bersamaan. Susunan ini bukan sesuatu yang baru karena cukup banyak ditemukan di motor listrik.

Paten tersebut menunjukkan detail eksternal termasuk sirip-sirip pendingin seperti blok mesin motor yang belum memakai radiator.

Dari yang dapat dilihat, Kawasaki serius menggarap motor baru ini. Tak heran jika banyak pihak percaya motor dengan teknologi gabungan ini sudah semakin dekat dengan jalur produksi.

Dari teaser sebelumnya, ditengarai sistem hibrid yang diusung Kawasaki ini mampu berganti antara full electric, hybrid, atau mesin bensin, tergantung dari kecepatan mesin dan mungkin dari lokasinya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/13/144200015/paten-baterai-motor-hybrid-kawasaki-terkuak

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.