Salin Artikel

Batas Tinggi Banjir yang Bisa Dilalui Motor dengan Aman

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini berbagai wilayah Indonesia tengah memasuki wilayah penghujan. Bahkan, pada titik tertentu diprediksi akan terus diguyur hujan dalam beberapa hari.

Oleh karena itu, bagi pengguna kendaraan roda dua patut mengetahui teknik berkendara yang aman kala menghadapi situasi tersebut. Sebab, ketika hujan turun jalanan akan menjadi licin dan timbul banyak genangan air.

"Lantas, seberapa tinggi genangan air yang boleh dilintasi oleh sepeda motor? Idealnya, banjir dengan tinggi sekitar seperempat roda masih aman," kata Kepala Bengkel Honda AHASS Daya Motor Cibinong, Asep Suherman kepada Kompas.com, Kamis (3/12/2020)

Pada kondisi itu, pengemudi sebisa mungkin jangan sampai menutup gas karena dikhawatirkan membuat air masuk ke ruang bakar melalui lubang knalpot.

Jika air sudah masuk sampai ke ruang bakar, efeknya bisa fatal. Buka hanya membuat kendaraan mati, tapi motor bisa mengalami water hammer.

"Efek dari water hammer itu menyebabkan setang piston bengkok. Jadi harus dihindari," kata Asep.

Hal serupa berlaku untuk motor matik ketika menerobos banjir. Batas genangan air yang boleh dilewati tak beda jauh dan hindari menutup gas.

"Jangan sampai air mencapai boks filter udara yang terletak di sekitar cover CVT karena itu berbahaya dan buat masalah panjang pada motor. Kalau ada jalan lain, lebih baik jangan memaksakan diri," ujar Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno di kesempatan terpisah.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/03/180100215/batas-tinggi-banjir-yang-bisa-dilalui-motor-dengan-aman

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.