Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Setelah MotoGP, Tanggal WorldSBK 2021 di Sirkuit Mandalika Muncul

JAKARTA, KOMPAS.com - Sirkuit Mandalika di Lombok tak hanya akan menjadi tuan rumah MotoGP, tapi juga World Superbike (WorldSBK). Belum lama ini, FIM dan Dorna juga sudah memastikan tanggal penyelenggaraan untuk WorldSBK.

Kepastian tersebut tertulis dalam Provisional 2021 WorldSBK Calendar yang diumumkan FIM dan DWO (Dorna WorldSBK Organization) pada Senin (30/11/2020). Tertulis bahwa Sirkuit Mandalika dan 12 sirkuit di dunia lainnya akan menggelar WSBK.

Meskipun, penyelenggaraan ajang balap tersebut di Sirkuit Mandalika juga masih tentatif. Artinya, tergantung kepada selesainya pembangunan sirkuit yang saat ini sedang dikebut dan suksesnya proses homologasi sirkuit.

Ricky Baheramsjah, CEO Mandalika Grand Prix Association (MGPA), mengatakan, dirinya menyambut gembira pengumuman FIM dan DWO yang sudah menetapkan tanggal pelaksanaan di Mandalika, yakni 12-14 November 2021.

“Kami optimistis sirkuit dan homologasi dapat diselesaikan di pertengahan tahun 2021,” kata Ricky, dalam keterangan resminya.

Happy Harinto, Chief Strategic & Communication MGPA menambahkan, selain sebagai pemilik event MotoGP, Dorna Sports juga memiliki event WorldSBK yang saat ini sedang naik daun.

"WorldSBK merupakan ajang balap motor komersial yang non-pabrikan, berbeda dengan MotoGP yang menggunakan motor khusus oleh pabrikan untuk balap. Dorna telah memberikan kontrak penyelenggaraan MotoGP dan WorldSBK kepada MGPA," kata Happy.

WorldSBK diyakini tidak akan kalah seru dari MotoGP. Ditambah lagi, akan ada pebalap muda Yamaha dari Indonesia yang berkompetisi di sana, yakni Galang Hendra Pratama dari tim Blu Cru WorldSSP by MS Racing yang turun di kelas World Supersport (WorldSPP)

WorldSBK, yang menggunakan sepeda motor komersial dijamin tidak kalah seru dengan balap MotoGP™. Hal ini ditunjukan dengan semakin meningkatnya jumlah tim dan pembalap serta jumlah sirkuit yang menyelenggarakan WorldSBK. Ricky menyambut event WorldSBK sebagai tambahan atraksi balap motor kelas dunia bagi pecinta balap motor Indonesia

https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/01/074200015/setelah-motogp-tanggal-worldsbk-2021-di-sirkuit-mandalika-muncul

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke