Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenali Ini Penyebab Mobil Terbakar Tiba-tiba

JAKARTA, KOMPAS.com - Belakangan ini banyak peristiwa mobil tiba-tiba terbakar saat sedang dikemudikan di jalan. Penyebannya banyak, mulai internal seperti kondisi mobil hingga eksternal karena kabel banyak yang terputus karena digigit hewan seperti tikus dan sejenisnya.

Menurut Chief Mechanic Maxxwire Leon mobil yang sering diam atau parkir di tempat yang sembarangan, besar kemungkinan kabelnya digigit tikus. Jika sudah seperti itu, maka potensi terjadinya kebakaran cukup tinggi, apalagi perangkat kelistrikan.

"Masalah kabel digigit tikus menjadi perhatian khusus karena kasus seperti ini cukup banyak terjadi," ucap Leon di Jakarta.

Leon menjelaskan, kabel standar pabrikan memiliki daya tahan yang cukup lama, yaitu sekitar 20 tahun. Tetapi, jika sering parkir di tempat yang banyak tikus, bisa saja kabel tersebut menjadi cepat rusak, dan bisa menyebabkan kebakaran.

Produk after market

Maxxwire resmi mengenalkan produk baru untuk mengoptimalkan kelistrikan mobil dan sepeda motor. Bentuknya rangkaian kabel, yang dipasang pada ECU dan sistem pengapian.

Piranti ini juga dapat menghasilkan sistem pembakaran yang lebih baik, sehingga diklaim emisi gas buang yang dihasilkan jadi lebih rendah.

"Maxxwire merupakan komponen yang bisa memaksimalkan kelistrikan kendaraan. Tenaga dan torsi juga naik, karena alat ini bisa mengoptimalkan putaran mesin sejak putaran mesin bawah," kata Direktur PT Maju Gemilang Persada Giman.

Menurut Giman, produk untuk motor dijual mulai Rp juta hingga Rp 1,5 juta. Sementara buat mobil bermesin bensin dibanderol Rp 2 juta dan mobil diesel Rp 2,25 juta.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/11/27/080843415/kenali-ini-penyebab-mobil-terbakar-tiba-tiba

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke