Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Selamat Jalan Helmy Sungkar, Legenda Balap Tanah Air

JAKARTA, KOMPAS.com – Tokoh otomotif dan balap nasional Helmy Sungkar, menghembuskan napas terakhirnya pada Selasa 24 November 2020 pukul 06.10 WIB. Hal ini diumumkan putranya Rifat Sungkar, dalam unggahan Instagram Story (24/11/2020).

Diketahui, Helmy Sungkar tengah menderita penyakit diabetes dan stroke ringan dalam beberapa tahun terakhir. Pria kelahiran 17 April 1952 ini pun harus menjalani perawatan khusus untuk penyembuhannya.

Jeffrey JP, Sekretaris Jenderal Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat, mengatakan, kontribusi Helmy Sungkar terhadap perkembangan otomotif Indonesia, khususnya dalam dunia balap tak perlu diragukan.

“Om Helmy ini senior saya, hampir semua kegiatan mobil dan motor kurang lebih 70 persen diselenggarakan oleh beliau,” ucap Jeffrey, kepada Kompas.com (24/11/2020).

“Jadi bisa dibayangkan kontribusi beliau terhadap dinamika perkembangan otomotif Indonesia, khususnya dalam dunia balap,” katanya.

Bahkan ketika Helmy Sungkar mulai jatuh sakit sejak 4-5 tahun yang lalu, kegiatan motorsport Tanah Air kena dampaknya.

“Pengaruh beliau cukup besar, karena setiap event yang dibuat selalu sukses, selalu meriah, selalu ada doorprize, jadi sangat diharapkan kehadirannya,” ujar Jeffrey.

Seperti diketahui, Lewat Trendypromo Mandira (TPM), event organizer balap mobil dan motor yang berdiri sejak 1980-an, sejumlah balap skala nasional dan internasional pernah diselenggarakan oleh Helmy.

Pun begitu dengan beragam kejuaraan sepeda motor mulai dari road race, drag race, motocross, hingga grass track juga pernah dihelat mertua dari Sissy Prescillia.

“Semua event pernah dibuat sama beliau, reli WRC di Medan saya pernah ikut bantu, penyelenggaraan slalom, drag race, macam-macam,” kata Jeffrey.

“Beliau memang passion di otomotif, saya kerja sama sudah dari tahun 1985, waktu itu masih di Sirkuit Ancol. Semoga beliau husnulkhatimah dan dibalas segala kebaikannya,” tuturnya.

Amin, selamat jalan om Helmy Sungkar...

https://otomotif.kompas.com/read/2020/11/24/114939915/selamat-jalan-helmy-sungkar-legenda-balap-tanah-air

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke