Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Laboratorium Uji Emisi Heavy Duty Berstandar Euro IV Diresmikan

JAKARTA, KOMPAS.com – Emisi gas buang kendaraan bermotor memiliki dampak bagi lingkungan dan kesehatan masyarakat. Oleh sebab itu, uji emisi berkala jadi salah satu cara untuk menekan polusi udara.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pun memberi jawaban dengan meresmikan Laboratorium Uji Emisi Heavy Duty R49 di Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) Bekasi, Jawa Barat.

Budi Setiyadi, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, mengatakan, tujuan didirikannya laboratorium tersebut untuk meminimalkan dampak emisi gas buang kendaraan bermotor.

“Kalau kita berpikir panjang untuk kepentingan anak cucu kita dan lingkungan hidup, maka kita harus menjamin kualitas udara semakin baik,” ujar Budi, dalam keterangan tertulis yang dikutip Senin (23/11/2020).

Menurut Budi, ada beberapa hal yang menyebabkan polusi udara. Pertama adalah meningkatnya penggunaan kendaraan bermotor atau semakin bergantungnya masyarakat menggunakan kendaraan bermotor.

Kedua, gas buang kendaraan bermotor yang tidak terjamin kualitasnya. Apalagi emisi kendaraan bermotor mengandung beberapa partikel kimia yang berbahaya buat kesehatan.

Mulai dari gas karbon dioksida (CO2), nitrogen oksida (NOx), karbon monoksida (CO), hydrocarbon (HC), dan partikel lain yang berdampak negatif pada manusia maupun lingkungan, terutama jika melebihi ambang batas aman.

“Bagaimana kita mendidik dan menyadarkan masyarakat kita untuk mulai mengurangi polusi dengan membatasi penggunaan kendaraan pribadi, ini tanggung jawab dari Kementerian Perhubungan,” ucap Budi.

Untuk diketahui, fasilitas pengujian emisi gas buang kendaraan bermotor ini dapat memberikan pelayanan langsung pengujian emisi R49 kepada masyarakat.

Baik untuk produk kendaraan bermotor yang akan dipasarkan di dalam negeri, sekaligus dapat dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan ekspor ke luar negeri di bidang industri otomotif.

Selain itu, fasilitas ini juga mampu melakukan pengujian emisi gas buang terhadap mesin dengan kapasitas daya mencapai 400 kW dengan standar uji emisi sampai dengan EURO IV.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/11/24/070200715/laboratorium-uji-emisi-heavy-duty-berstandar-euro-iv-diresmikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke