Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Damri Terapkan Pengelolaan Bus Secara Digital

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki ulang tahun ke 74, Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia (DAMRI) melakukan pembenahan diri lewat manajemen berbasis digital.

Setelah mengembangkan berbagai aplikasi yang memudahkan pelanggan, kali ini DAMRI menerapkan DAMRI Fleet Management System (DFMS).

“DFMS mengacu pada teknologi untuk bertukar informasi antara armada kendaraan dengan platform pusat guna memastikan produktivitas kinerja armada DAMRI. Sistem ini memberikan visibilitas secara mendetail terhadap aktivitas kendaraan,” ujar Direktur Komersial dan Pengembangan Bisnis Sandry Pasambuna dikutip dari rilis resmi, Senin (23/11/2020).

Sementara untuk DAMRI Tracking System atau sistem pelacakan menempatkan perangkat Global Positioning System (GPS) pada setiap armada untuk mengetahui lokasi akurat.

“Selain pemasangan GPS, pemasangan CCTV pada setiap bus membantu untuk memantau setiap aktivitas di dalam bus guna mencegah hal yang tidak diinginkan,” ujar Sandry.

Dengan pemasangan kedua alat tersebut, Sandry memastikan DAMRI Central Control Room (DCCR) yang berada di Kantor Pusat maupun Kantor Cabang dapat mengamati dan mengendalikan kondisi operasional.

“DCCR juga menginformasikan keadaan bus yang sekiranya perlu untuk melakukan perawatan maupun pergantian onderdil dengan mudah dan cepat,” tambahnya.

Selain DFMS, DAMRI juga mengoptimalkan Sistem Informasi Manajemen Administrasi (SIMA) sebagai langkah yang cermat berbasis analisis atas situasi dan kondisi perusahaan, serta tingkat kesiapannya. Hal ini diterapkan dalam rangka melaksanakan tata kelola perusahaan yang baik.

Pembenahan perusahaan lewat manajemen berbasis digital juga dimaksimalkan lewat pemanfaatan transaksi nontunai.

Tiket elektronik telah dikembangkan melalui beragam platform, yaitu DAMRI Apps (untuk pengguna Andorid) dan Tiket.damri.co.id untuk memudahkan pengguna untuk mengecek jadwal bus hingga pembelian tiket melalui smarthphone.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/11/23/194100715/damri-terapkan-pengelolaan-bus-secara-digital

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke