Salin Artikel

Mobil Pribadi Jadi Pilihan, Volume Jalan Tol Menuju Normal

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski saat awal pandemi Covid-19 aktivitas jalan tol mengalami penurunan, namun dalam beberapa bulan terakhir, trennya kembali meningkat drastis.

Menurut Plt. Anggota BPJT Unsur Kementerian PUPR Kepala Bagian Umum, Sekretariat BPJT Mahbullah Nurdin, pulihnya arus lalu lintas di jalan tol sudah hampir mendekati 100 persen di beberapa ruas, salah satunya di Tol Trans Jawa.

"Sekarang sudah mendekati 100 persen, terutama di ruas Tol Trans Jawa. Peningkatan di jalan tol ini tak lepas dari masyarakat, khususnya di pulau jawa yang memilih melakukan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi, contohnya itu saat libur panjang Oktober lalu," ucap Nurdin dalam webinar Bisnis Sistem Transportasi di Tengah Pandemi, Sabtu (21/11/2020).

"Mereka naik transportasi umum kan ribet saat ini, pesawat musti rapid dan lain-lain, jadi mereka pilih jalan darat untuk keluar kota naik kendaran pribadi yang juga minim risiko penularan," kata dia.

Lebih lanjut Nurdin, menceritakan dampak dari pandemi membuat aktivitas di jalan tol sempat lumpuh. Saat ada masa larangan ketat untuk mobilisasi, sekitar April dan Juni lalu, penurunannya bahkan sampai berkisar 50-60 persen.

Bahkan di beberapa ruas jalan tol lain, khususnya yang ada di daerah-daerah, mencapai level 80 persen penurunannya saat awal-awal Covid-19 ramai.

Namun sejak Oktober akhir hingga memasuki November, kondisinya diklaim jauh lebih baik dan mendekati kondisi normal kembali. 

"Sekarang sudah 90 persen lagi, hampir mendekati normal. Untuk yang sudah normal saat ini masih di ruas JORR, jadi kita harap berlahan bisa kembali pulih," kata Nurdin.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/11/23/192143015/mobil-pribadi-jadi-pilihan-volume-jalan-tol-menuju-normal

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.