Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bus PO ALS Sering Memakai Kursi Berbahan Fabric Bukan Kulit

JAKARTA, KOMPAS.com – Perusahaan Otobus (PO) Antar Lintas Sumatera (ALS) memang akhir-akhir ini aktif meluncurkan bus-bus baru. Mulai dari karoseri Adiputro, Tentrem dan yang terakhir dari Laksana di Ungaran.

Hal yang unik ada di bagian kabin dari bus-bus baru milik PO ALS ini. PO ALS untuk bus barunya masih mengandalkan kursi dengan bahan fabric (kain), sedangkan kebanyakan bus-bus baru, sudah mulai menggunakan bahan kulit sebagai pelapisnya.

Lalu kenapa bus dari PO asal Sumatera Utara ini sering menggunakan bahan fabric sebagai pelapis kursinya?

Generasi ketiga dari salah satu pemilik armada PO ALS, Sewan Delrizal Lubis mengatakan, sebenarnya tidak semua bus PO ALS menggunakan bahan fabric sebagai pelapis kursinya, banyak juga yang menggunakan kulit sintetis.

“Pilihan pelapis kursi penumpang ini tergantung dari selera pemiliknya saja. Mungkin memang lebih banyak yang fabric, tapi ada juga yang pakai kulit atau sintetis,” ucap Sewan kepada Kompas.com, Senin (23/11/2020).

Sewan mengatakan, memilih pelapis kursi penumpang baik fabric maupun kulit sintetis memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Misalnya untuk fabric lebih tahan dan motifnya yang bermacam-macam.

“Bahan fabric memang lebih sulit perawatannya, harus sering-sering dibersihkan dengan vacuum cleaner. Kalau yang kulit lebih mudah, tinggal dilap, tapi lebih gampang sobek bahannya,” kata Sewan.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/11/23/190100115/bus-po-als-sering-memakai-kursi-berbahan-fabric-bukan-kulit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke