Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

DKI Siapkan Sistem Lampu Lalu Lintas Pintar Guna Tekan Kemacetan

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan memprioritaskan pengembangan sistem lampu lalu lintas pintar atau intelligent transportation system (ITS traffic light) pada tahun depan sebagai upaya menekan kemacetan.

Pasalnya, sistem ini diyakini bisa menekan tingkat kepadatan kendaraan di Ibu Kota dengan mengurangi antrean di persimpangan jalan hingga 30 persen. Jadi, waktu tempuh rata-rata akan semakin kecil yang pada akhirnya menekan angka kecelakaan.

"Tentu, yang menjadi prioritas ialah mengatasi kemacetan. Bagaimana agar integrasi transportasi berlangsung secara baik," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo, Kamis (19/11/2020).

Dana untuk pengembangan dan peningkatan ITS traffic light di wilayah Ibu Kota ini sebesar Rp 18,57 miliar. Rencana akan masuk dalam Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Rancangan APBD Tahun Anggaran 2021.

"Kalau terjadi penataan secara keseluruhan, terutama di persimpangan jalan yang kerap kali menjadi pusat kemacetan, maka dapat dipastikan pergerakan warga dari sisi mobilitas bisa lancar," ujar dia.

Dishub DKI juga mengalokasikan subsidi transportasi umum untuk tahun depan. Rinciannya, untuk pelayanan TransJakarta Rp 2,87 triliun, MRT Rp 509 miliar, dan LRT Rp 270 miliar.

Secara total, Dishub DKI mengusulkan 25 kegiatan dalam KUA-PAS Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta Tahun Anggaran 2021 dengan dana sebesar Rp 4,25 triliun.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/11/20/120200015/dki-siapkan-sistem-lampu-lalu-lintas-pintar-guna-tekan-kemacetan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke