Salin Artikel

Nissan Kenalkan Navara Facelift, Lebih Gagah dan Bertenaga

JAKARTA, KOMPAS.com – Persaingan mobil segmen double cabin atau pikap kabin ganda makin memanas dengan kehadiran Nissan Navara terbaru. Mobil yang di beberapa negara dinamai Nissan Frontier ini mendapat ubahan yang cukup signifikan di interior dan eksterior.

Ashwani Gupta, CEO Nissan, mengatakan, Navara generasi terbaru mewarisi teknologi pikap Nissan yang sudah ada sejak 80 tahun terakhir.

Di antara kompetitornya, Navara bahkan diklaim memiliki sistem keselamatan paling canggih, utamanya berkat fitur Nissan Intelligent Mobility.

“Kami mengemas model baru dengan satu set lengkap teknologi canggih untuk memastikan peningkatan kinerja dinamis on-road dan off-road,” ujar Gupta, dalam laman Nissan Global (5/11/2020).

“Serta keselamatan dan kenyamanan mengantarkan era baru ketangguhan, teknologi, dan ketenangan pikiran. Bagi pelanggan kami, itu berarti kepercayaan diri, kesenangan berkendara, kepraktisan, dan kebanggaan atas kepemilikan,” katanya.

Dari sekian banyak fitur, salah satu yang menonjol adalah Intelligent Forward Collision Warning yang bisa memantau kendaraan kedua di depan untuk mengurangi risiko kecelakaan beruntun.

Termasuk pengereman darurat cerdas yang menghindarkan pengemudi dari tabrakan, dan mengurangi stres saat berkendara di lalu lintas yang padat.

Selain itu, Navara terbaru juga mendapatkan peningkatan dari sisi teknis. Poros belakang telah diperkuat, sehingga kapasitas muatan dan volume bak bisa ditambah.

Sistem kemudi baru juga diadopsi untuk meningkatkan kemampuan manuver pada kecepatan rendah, serta memberikan respons kemudi yang baik di seluruh rentang kecepatan.

Hal ini memberikan pengalaman berkendara yang lebih tenang dan nyaman, sebab getaran serta tingkat kebisingan yang dihasilkan menurun.

Untuk melengkapi varian yang sudah ada, untuk pertama kalinya Nissan memberikan varian Grade PRO-4X yang sengaja ditujukan kepada penggemar aktivitas outdoor.

Bedanya, varian ini memiliki tampilan atletis dengan aksesoris hitam di sekujur bodi, termasuk bagian gril, handle pintu, rak atap, dan pelek 17 inci.

Meski mendapat sejumlah ubahan dari sisi eksterior dan interior, Nissan tak mengumumkan mesin apa yang digunakan pada Navara terbaru.

Besar kemungkinan pikap kabin ganda ini masih mengusung mesin diesel 2.500 cc turbo intercooler yang menghasilkan tenaga 163 tk dan torsi 403 Nm.

Namun tak menutup kesempatan jika mobil ini telah mendapat mesin baru berkode YS23DDTT, berkapasitas 2.300 cc dengan tenaga sebesar 190 tk dan torsi 450 Nm yang dikombinasikan dengan tranmisi otomatis 7-percepatan.

Thailand rencananya akan menjadi pasar pertama Navara terbaru pada Desember mendatang, setelahnya baru menyusul beberapa negara.

Melihat kompetitor seperti Toyota Hilux dan Mitsubishi Triton yang sudah melakukan penyegaran, tak ada salahnya Navara di Indonesia ikut mendapat pembaruan.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/11/08/100100215/nissan-kenalkan-navara-facelift-lebih-gagah-dan-bertenaga

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.