Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Begini Cara Menyetel Kopling Motor Manual di Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada berbagai jenis sepeda motor yang dijual di pasaran, mulai sport, under bone, dan matik. Salah satu yang membedakan motor sport dengan yang lain, yaitu penggunaan kopling saat ingin mengganti gigi transmisi.

Tuas kopling yang ada di sisi kiri setang motor bisa diatur bagaimana jauh atau dekatnya kopling terbuka. Biasanya setiap orang memiliki referensinya sendiri, lebih nyaman jauh atau dekat koplingnya.

Ada yang mengatakan kalau kopling pendek lebih enak dipakai di perkotaan karena jalannya yang macet. Sedangkan kopling jauh lebih nyaman bagi yang sering berkendara dengan agresif, mengganti gigi dengan cepat.

Pemilik motor juga sebenarnya bisa mengatur sendiri jarak kopling, tidak harus ke bengkel. Kepala Mekanik Astra Motor Center Jakarta Gofur mengatakan, ada berbagai alat yang dibutuhkan jika ingin menyetel kopling motor di rumah.

“Bisa saja menyetel kopling di rumah, jika memiliki kuncinya. Alat yang dibutuhkan yaitu kunci pas 12, 14 dan tang,” ucap Gofur kepada Kompas.com, Jumat (30/10/2020).

Pertama, yaitu harus periksa berapa jarak main bebas dari kopling tersebut. Baiknya jarak main bebas handel kopling ada di 10 mm sampai 20 mm. Kemudian setel dulu kabel kopling yang ada di bagian atas, dekat tuas kopling.

Caranya, tarik karet penutup debu handel kopling, kemudian kendurkan mur pengunci atas, yang posisinya di kiri. Setelah itu, putar penyetel kabel kopling atas sampai jarak main bebas sebesar 10 – 20mm.

Lalu kencangkan lagi mur pengunci atas dan periksa jarak main bebas dan pasang kembali karet penutup debu. Kalau jarak main bebas yang tepat belum ketemu, bisa menyetel kopling di bagian bawah, dekat bak kopling.

Caranya pun tidak begitu berbeda jauh dengan yang diatas. Mulai dari kendurkan mur pengunci kemudian putar mur penyetel bawah sampai jarak main bebas handel kopling sebesar 10 – 20 mm.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/10/30/174100515/begini-cara-menyetel-kopling-motor-manual-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke