Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pasang Bantalan di Sabuk Pengaman Bisa Bantu Kurangi Cedera

JAKARTA, KOMPAS.com – Sabuk pengaman merupakan alat keselamatan yang ada di dalam mobil. Alat ini berfungsi menahan tubuh pengemudi jika mobil terlibat dalam kecelakaan, sehingga bisa mengurangi fatalitas atau kematian.

Biasanya, ada yang suka menjual produk aksesoris yang dipasangkan ke sabuk pengaman. Ternyata aksesoris ini bisa membantu mengurangi cedera saat mobil terlibat dalam kecelakaan.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana mengatakan, bantalan atau padding yang ada di safety belt membantu dan melindungi penggunanya agar lebih lembut saat kondisi darurat.

“Padding ini membuat tekanan safety belt ke badan penumpang bisa lebih lembut, apalagi yang model pretention,” ucap Sony kepada Kompas.com, Jumat (30/10/2020).

Memang ketika pengemudi mengalami kecelakaan, sabuk pengaman akan menekan tubuh penumpang sehingga tetap di bangkunya. Kemudian padding ini bisa membantu mengurangi rasa sakit untuk penumpang yang renta, manula dan disabilitas.

“Bantalan yang dipilih bisa model lurus, empuk, bisa disetel dan dipasang dibagian shoulder beltnya. Biasanya ada velcro untuk memasangkan padding ke safety belt,” kata Sony.

Sony mengatakan, bantalan ini bisa diposisikan di bagian dada penumpang. Selain itu bisa juga di bagian atas apabila penggunanya memiliki masalah pada bahu.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/10/30/170100215/pasang-bantalan-di-sabuk-pengaman-bisa-bantu-kurangi-cedera

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke